IAIN Tulungagung Tawarkan Gedungnya Dipakai Tempat Isolasi Pasien Corona

Pebriansyah Ariefana
IAIN Tulungagung Tawarkan Gedungnya Dipakai Tempat Isolasi Pasien Corona
IAIN Tulungagung. (Suara.com/Farian)

Ada 100 lebih kamar.

SuaraJatim.id - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menawarkan kepada Pemda setempat beberapa fasilitas yang bisa dipakai untuk lokasi perawatan maupun isolasi pasien covid-19. Ada beberapa gedung yang ditawarkan IAIN Tulungagung untuk membantu penanggulangan wabah covid-19.

Gedung tersebut meliputi Rusunawa dan satu gedung pascasarjana.

"Itu satu blok ya jadi terpisah dengan kampus utama sehingga koordinasi dan proteksi sangat aman," jelas Rektor IAIN Tulungagung, Maftukin di kantornya, Selasa (24/3/20).

"Semoga aja dengan kesiapan IAIN untuk menyediakan sebagai tempat isolasi ataupun tempat perawatan ini menjadi meringankan beban pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana ini" sambungnya.

Di rusunawa ada 110 kamar yang bisa digunakan. Rusunawa tersebut digunakan sebagai asrama mahasiswi semester satu dan semester dua dari luar provinsi. Termasuk gedung pascasarjana.

Gedung tersebut sudah digunakan sejak tahun lalu. Sedangkan untuk mahasiswa penghuni akan dipindahkan ke indekos. Saat ini asrama sudah dikosongkan semenjak proses perkuliahan menggunakan sistem daring.

Maftukin menjelaskan tawaran ini sebagai salah satu upaya IAIN sebagai lembaga perguruan tinggi milik negara.

"Sebetulnya IAIN Tulungagung itukan milik negara. Ketika negara membutuhkan dan jelas butuh dalam kondisi seperti ini, maka mau tidak mau IAIN Tulungagung menyiapkan diri sebagai salah satu lembaga negara berperan serta bersama-sama masyarakat Tulungagung dan sekitarnya untuk menanggulangi bencana virus corona ini," akunya.

"Dan semoga aja dengan seperti ini, IAIN Tulungagung punya kontribusi yang positif terhadap perkembangan kesehatan di masyarakat," lanjut Maftukin.

Ia menambahkan, IAIN Tulungagung juga melakukan rekruitmen relawan penanggulangan bencana corona yang bersumber dari masyarakat utamanya mahasiswa dan alumni. Rencananya pihak kampus juga akan memproduksi sekitar tiga ribu botol hand sanitizer yang rencananya akan didistribusikan ke masjid dan Mushola.

Kontributor : Farian

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS