Takut Bawa Corona, Truk Komputer UNBK dari Jakarta Disemprot Disinfektan

Pebriansyah Ariefana
Takut Bawa Corona, Truk Komputer UNBK dari Jakarta Disemprot Disinfektan
Petugas menyemprot truk dengan menggunkan cairkan disinfektan. (Suara.com/Amin Alamsyah)

Apalagi komputer ini didatangkan dari Jakarta dan melintasi beberapa kota.

SuaraJatim.id - Sebanyak 3 truk kontainer muatan komputer untuk siswa di Kabupaten Gresik disemprot menggunakan disinfektan. Upaya ini dimkasudkan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 mengingat Jakarta merupakan zona merah.

Pantauan SuaraJatim.id, 3 truk kontainer itu terparkir rapi di halaman kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Jalan Arif Rahman Hakim. Petugas satu persatu menyemprotkan disinfektan ke seluruh badan truk. Tidak hanya itu, komputer berjumlah 700 unit itu tidak lepas dari semprotan cairan pembunuh kuman.

Kepala Dispendik Gresik Mahin mengatakan penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran virus. Apalagi komputer ini didatangkan dari Jakarta dan melintasi beberapa kota.

"Komputer ini sebenarnya digunakan untuk siswa-siswa yang hendak melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Baik siswa SMP dan SD," ungkap Mahin saat ditemui di depan kantor Dispendik Gresik, Kamis (26/3/2020).

Dijelaskan, komputer ini dipesan sudah jauh-jauh hari untuk digunakan UNBK. Sesuai jadwal ujian ini akan digelar pada bulan depan. Namun karena kondisi semakin memburuk, ujian nasional akhirnya dibatalkan oleh Kemendikbud.

"Kalau pandemi ini tidak mereda, secara otomatis pemasangan komputer di sekolah-sekolah juga akan ditunda. Komputer tetap akan digunakan pada tahun ajaran depan," jelasnya.

Sesuai informasi, jika ujian nasional ditiadakan, maka pihak sekolah dianjurkan untuk menentukan kelulusan dengan nilai lima semester terakhir. Ketentuan itu berkaku di sekolah SD, SMP hingga SMA.

Kontributor : Amin Alamsyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS