Tinjau RS Lapangan di Surabaya, Doni Monardo Juga Serahkan 20 Plasma Darah

Chandra Iswinarno
Tinjau RS Lapangan di Surabaya, Doni Monardo Juga Serahkan 20 Plasma Darah
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua Gugus Tugas Doni Monardo saat meninjau RS Lapangan di Kota Surabaya. [Suara.com/Dimas Angga P]

Doni menjelaskan, kedatangannya ke Surabaya kali ini, untuk meninjau rumah sakit lapangan yang digagas Gubernur Khofifah.

SuaraJatim.id - Tingginya kesembuhan warga dari Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Jawa Timur (Jatim) mendapat apresiasi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Lantaran sudah lebih dari 600 pasien yang berhasil sembuh dari virus asal Kota Wuhan tersebut di Provinsi Jatim.

Lantaran itu, ia berharap pada pasien yang sembuh untuk bisa menyumbangkan darahnya untuk mengobati pasien lainnya.

"Data yang kami terima, ada 654, kemudian tadi disampaikan oleh tim dari Jawa Timur sudah ada 699 pasien yang sudah sembuh, kita berharap pasien yang sembuh ini bisa memberikan donasinya, atau darahnya kepada pemerintah provinsi, sehingga bisa membantu mengobati pasien-pasien yang sakit," ujarnya saat peresmian Rumah Sakit Lapangan Covid-19 di Jalan Indrapura Surabaya pada Selasa (2/6/2020).

Selain itu, Doni juga mengemukakan, pihaknya juga membawa bantuan plasma darah yang berasal dari Kementerian Kesehatan untuk digunakan membantu pasien positif Covid-19.

"Bapak Menteri juga sudah menyumbang plasma darah yang sudah dicoba di Jakarta. Sangat efektif dan mudah-mudahan 20 pack ini bisa membantu menyembuhkan pasien yang menderita penyakit berat," katanya.

Doni menjelaskan, kedatangannya ke Surabaya kali ini, untuk meninjau rumah sakit lapangan yang digagas Gubernur Khofifah.

"Kami sangat senang dengan gagasan Ibu Gubernur mendirikan Rumah Sakit Lapangan, karena ini sangat strategis. Ini akan membantu mengurangi beban rumah sakit rujukan. Karena Pak Menteri Kesehatan mengatakan jangan biarkan rumah sakit itu penuh oleh pasien," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang ikut dalam rombongan menyatakan kesiapan untuk mendukung Jawa Timur dalam menyelesaikan masalah Covid-19.

"Kami akan juga ikut berada di tengah-tengah masyarakat Jawa Timur, jadi pemerintah pusat akan bekerja sama berada di tengah-tengah masyarakat. bersama-sama apa yang dirasakan di sini juga kami rasakan Gugus Tugas, sesuai amanah dari Pak Presiden terus membackup dan terus membantu usaha dari pemerintah Jawa Timur untuk bisa menyelesaikan masalah Covid 19 ini dengan baik."

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS