Viral Lampu Merah 'New Normal', Publik: Berasa di Sirkuit

Dany Garjito | Rifan Aditya
Viral Lampu Merah 'New Normal', Publik: Berasa di Sirkuit
Viral Lampu Merah New Normal Berasa di Sirkuit (Twitter)

Selain itu, imbauan memakai masker juga dilakukan oleh petugas Dishub melalui pengeras suara yang terpasang di sekitar lampu merah.

SuaraJatim.id - Foto-foto lampu merah dengan batas garis putih seperti di sirkuit viral di media sosial. Pemandangan ini terlihat di Tuban, Jawa Timur.

Seperti foto yang dibagikan oleh akun Twitter @BisKota_ pada Kamis (4/6/2020).

"Bangjo 'New Normal' Starting Grid," tulis @BisKota_, dikutip Suara.com, Jumat (5/6/2020).

Dalam foto itu, tampak empat motor berhenti di lampu merah. Mereka berhenti tepat di garis-garis putih.

Terlihat juga batas berhenti roda empat atau mobil di belakang bagian motor.

"Loc : kota Tuban. Minus yang mayungin gak ada," imbuh akun @BisKota_.

Pemerintah Kabupaten Tuban memang sengaja membuat batas garis untuk motor di lampu merah demi menerapkan physical distancing.

Dengan adanya batas garis seperti starting grid di sirkuit ini diharapkan dapat memberi jarak antara pengendara motor saat antre lampu merah.

Sebagaimana dijelaskan Pemerintah Kabupaten Tuban melalui akun Instagram resminya, @kabupatentuban, Jumat (5/6/2020).

BACA JUGA: Setelah Jokowi, Giliran Wali Kota Bekasi Gelar Simulasi New Normal di Mal

"Rekayasa lalu lintas antrian traffic light di simpang 4 kembang ijo dalam rangka penerapan physical distancing dan wajib masker bagi pengguna jalan, hal ini merupakan Inovasi Kolaborasi antara Dishub Tuban dan Satlantas Polres Tuban," tulis @kabupatentuban.

Foto yang diunggah dalam postingan itu memperlihatkan beberapa polisi memberikan himbauan kepada pengendara motor agar berhenti mengunggu lampu merah di garis-garis itu.

"Bagi masyarakat diharap dapat mematuhi garis yang telah dibuat dan tetap patuhi aturan lalu lintas yang berlaku," imbuh @kabupatentuban.

Pemerintah Kabupaten Tuban membuat batas garis untuk motor di lampu merah mirip di sirkuit (Instagram)
Kabupaten Tuban membuat batas garis untuk motor di lampu merah mirip di sirkuit (Instagram)

BACA JUGA: Viral Pengendara Motor Tampar Karyawati SPBU, Diduga Tidak Mau Antre

Spanduk dan plang himbauan untuk memakai masker juga dipasang di bawah lampu traffic light.

Selain itu, himbauan memakai masker juga dilakukan oleh petugas Dishub melalui pengeras suara yang terpasang di sekitar lampu merah.

Warganet pun memberikan beragam komentar menanggapi foto-foto viral yang menunjukkan lampu merah dengan batas garis putih seperti di sirkuit itu.

"Lampu ijo langsung gas pol, udah kayak mau race aja dikasih tanda gitu. Gak sekalian dikasih nomor," komentar @athourrohmand.

"Berasa di sirkuit," komentar @prasetyo_rend.

"Kurang umbrella girl," tulis @DoniAfandi38.

Manajemen Transportasi Menuju Budaya Keteraturan dan Kebiasaan Baru Tuban Unggul (MANTAP BERSATU)

Garis-garis putih ini menjadi salah satu inovasi Dishub Tuban untuk mengatur jarak berhenti bagi pengendara roda dua saat lampu menyala merah.

"Ini inovasi dalam rangka physical distancing di kawasan lalu lintas dan transportasi. Biar para pengendara motor ini ada jarak antara satu pengendara dengan pengendara lain," ujar Kadishub Tuban Muji Slamet, Kamis (4/6/2020), seperti dikutip dari laman resmi Dishub Kabupaten Tuban.

Muji mengatakan pembuatan garis jarak di area simpang empat di Kota Tuban ini merupakan langkah uji coba yang nantinya akan diterapkan di beberapa titik kawasan simpang empat lainnya.

“Ini masih uji coba, baru mulai hari ini. Tujuannya adalah mengedukasi dan mengingatkan masyarakat di masa pandemi covid-19 ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada, tidak terkecuali di jalan raya khususnya di area traffic light saat lampu merah," kata Muji menjelaskan.

"Semoga masyarakat Tuban bisa turut serta mengingat dan menerapkan physical distancing di mana pun," imbuh Muji.

Penerapan physical distancing di traffic light ini merupakan salah satu bagian dari konsep "Manajemen Transportasi Menuju Budaya Keteraturan dan Kebiasaan Baru Tuban Unggul (MANTAP BERSATU)".

Langkah ini mendapat dukungan penuh dari Satlantas Polres Tuban yang dikomando Kasatlantas Polres Tuban AKP Argo Budi Sarwono guna mempersiapkan New Normal yang mulai digagas pemerintah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS