Sapi Holstein di Surabaya Lemes Dikira Antrax, Ternyata Stres Mau Dikurban

Pebriansyah Ariefana
Sapi Holstein di Surabaya Lemes Dikira Antrax, Ternyata Stres Mau Dikurban
Sebuah sapi jenis Sapi Holstein di Surabaya dikabarkan antrax saat mau dikurban. (Suara.com/Dimas)

Sapi itu ternyata hanya gangguan pencernaan dan alami stres.

SuaraJatim.id - Sebuah sapi jenis Sapi Holstein di Surabaya dikabarkan antrax saat mau dikurban. Ini bikin geger.

Sapi holstein ini milik Musholah AS Salam, yang berada di Jalan Rembang, Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Sapi itu ternyata hanya gangguan pencernaan dan alami stres.

Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, drh Anggi WF, menjelaskan pada awak media, Kamis (30/7/2020) siang, bahwa sapi ini hanya mengalami gangguan pencernaan.

"Kalau dari observasi sementara, dari punggungnya ada yang kosong, kemungkinan ada infeksi pencernaan, cuma kita enggak bisa ngobati saat ini, karena besok sudah disembelih," ujarnya.

Selain itu, sapi berjenis FH atau keturunan sapi holstein ini, dipengaruhi stres karena kepanasan. Meski begitu, daging sapi ini masih layak konsumsi.

"Stres kepanasan iya, dari nafasnya kelihatan ngos-ngosan, ada gangguan pencernaan. Untuk dagingnya masih layak konsumsi, tapi untuk jerohannya tidak boleh. Sementara untuk pendarahannya itu karena ada cacingnya di dalam, dan ususnya tidak bisa mencerna makanan yang masuk, dan menyebabkan diare," imbuhnya.

Anggi yang datang setelah mendengar laporan tersebut, sempat melakukan observasi sekilas.

Usai melakukan observasi, Anggi memberikan vitamin dan obat penenang pada sapi tersebut.

"Kami kasih vitamin dan obat penenang, buat ngurangi nyerinya saja. Kan kalau diare anusnya sakit, kita hindari antibiotik karena besok sudah dipotong," pungkasnya.

Saat ini, sapi sudah dipindahkan di tempat yang lebih teduh. Selain itu, sapi akan diberikan makanan dan air yang cukup, agar kondisi sapi kembali membaik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS