Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ijen Geopark Diusulkan Jadi Warisan Geologi ke Unesco oleh Pemkab Bondowoso

Muhammad Taufiq Rabu, 23 September 2020 | 16:34 WIB

Ijen Geopark Diusulkan Jadi Warisan Geologi ke Unesco oleh Pemkab Bondowoso
Kawasan Ijen Geopark yang masuk wilayah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi (Foto: Ist)

Berbagai persyaratan juga telah dipersiapkan oleh Pemkab Bondowoso melalui OPD terkait

SuaraJatim.id - Kawasan wisata Ijen Geopark diusulkan sebagai warisan geologi ke Unesco oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Hal ini atas instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Berbagai persyaratan juga telah dipersiapkan oleh Pemkab Bondowoso melalui OPD terkait, baik administrasi, maupun syarat-syarat lain juga sudah dipersiapkan.

Irwan Bachtiar Rahmat Wakil Bupati Bondowoso mengatakan, pengusulan Ijen Geopark harus melalui dua kabupaten, mulai dari Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

"Untuk Kabupaten Bondowoso sudah mempersiapkan beberapa areal kawasan sebagai persiapan pengusulan Ijen Geopark," kata Irwan Bachtiar Rahmat kepada sejumlah awak media usai paripurna di DPRD Bondowoso, Selasa (21/9/2020).

Lebih lanjut, Wabup Irwan mengatakan, dalam mempersiapkan pengusulan Ijen Geopark, Pemkab juga sudah melakukan kajian. Hanya saja secara administrasi ada yang perlu dilengkapi untuk diserahkan kepada Unesco.

Dikutip dari suaraindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Wabup Irwan juga sangat optimis, pengusulan Ijen Geopark ini akan terealisasi, sebab memang menjadi salah satu target pemerintahan di dua kabupaten.

Dikatakannya pula, bahwa pengusulan Ijen Geopark merupakan domainnya Pemerintah Provinsi Jatim untuk memfasilitasi Ijen Geopark.

"Saat ini masih terus berproses untuk memenuhi kesiapan- kesiapan, baik kesiapan secara administrasi dan tempat kesiapanya," tuturnya.

Dia juga mengimbau kepada Disparpora untuk melakukan koordinasi dengan Bappeda terkait dengan kekurangan yang harus dipersiapkan secara administrasi. Sehingga izin Ijen Geopark ini secepatnya bisa turun dan disetujui oleh Unesco.

Sekedar untuk diketahui, Geopark adalah sebuah kawasan situs warisan geologi yang memiliki hubungan dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang dilestarikan, dikelola, serta dapat dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi dan sosial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait