Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Keliling Bermobil dan Bersepeda

RR Ukirsari Manggalani Jum'at, 25 September 2020 | 07:35 WIB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Keliling Bermobil dan Bersepeda
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi naik motor untuk memantau kesiapan beberapa gereja di Surabaya, diabadikan jauh sebelum pandemi COVID-19 [Suara.com/Achmad Ali].

Gubernur Provinsi Jawa Timur gunakan kendaraan roda empat sampai sepeda untuk penanganan pandemi COVID-19.

SuaraJatim.id - Kegiatan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Provinsi Jawa Timur dalam mengawal pencegahan pandemi COVID-19 sungguh menuntut mobilitas tinggi. Dalam sehari, dari ibu kota Surabaya, beliau bisa berkunjung ke berbagai daerah sekaligus. Menggunakan beberapa moda transportasi sekaligus, yaitu mobil sampai sepeda pancal.

Tidak heran bila lantas muncul guyonan "Gubernur AKDP" atau kepanjangan Antar Kota Dalam Provinsi, bagian layanan rute bus yang melengkapi jalur Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Demikian dikutip Suara.com, jaringan Suarajatim.id, dari kantor berita Antara.

Seperti laporan pandangan mata kantor berita Antara, saat satu unit mobil patwal bernomor 001 parkir di dekat gerbang utama Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Di belakangnya, berjajar beberapa unit mobil, lantas dua orang Satpol PP berjaga di tengah jalan dan memberi tanda iring-iringan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta rombongan menuju sejumlah daerah di wilayah provinsi ini. Dalam sepekan, lebih dari lima daerah bisa dikunjungi beliau.

Seperti pekan lalu, Gubernur Khofifah menuju Kabupaten Sidoarjo, esoknya ke Kabupaten Gresik, dan selang sehari berlanjut ke Kabupaten Madiun, malamnya sudah berada di Kota Batu, kemudian keesokan pagi di Kabupaten Malang, dan langsung menuju Kabupaten Bojonegoro setelah acara selesai.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) bersepeda bersama sejumlah kepala OPD dan Forkopimda di Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu[ANTARA/Fiqih Arfani].
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) bersepeda bersama sejumlah kepala OPD dan Forkopimda di Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu [ANTARA/Fiqih Arfani].

Hari-hari lainnya juga hampir sama, seperti ke Kabupaten Banyuwangi, lalu Kabupaten Probolinggo, berpindah ke Pulau Madura menuju Kabupaten Bangkalan, Pamekasan dan seterusnya.

Beberapa pejabat yang menyertai mantan Menteri Sosial RI ini berasal dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seperti Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah.

Adapun tujuan utama kunjungan adalah berkonsolidasi dalam upaya mencegah penularan COVID-19, antara lain mensosialisasi protokol kesehatan, pembagian paket sembako, hingga penyerahan ventilator untuk rumah sakit rujukan.

Pada saat bersosialisasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait COVID-19 inilah, Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD)  bersepeda.

"Edukasi bermasker rutin dilakukan, dan kami sudah berkeliling ke daerah satu ke daerah lain. Juga berupaya ekonomi sekitar tak terganggu," jelas Ibu Gubernur.

Dalam melakukan edukasi, Khofifah Indar Parawansa juga mengajak para penyintas COVID-19, terutama dari Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya, untuk berbagi pengalaman merasakan dampak COVID-19 secara nyata sehingga pesan yang disampaikan benar-benar dari hati dan pengalaman pribadi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait