alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Raih SATU Indonesia Awards 2020, Ika Dewi Maharani Kuliah di Surabaya

RR Ukirsari Manggalani Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:05 WIB

Raih SATU Indonesia Awards 2020, Ika Dewi Maharani Kuliah di Surabaya
Ika Dewi Maharani, "Sang Garda Terdepan COVID-19" [streaming 11th SATU Indonesia Awards 2020].

Ika Dewi Maharani adalah driver ambulans COVID-19 yang menerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020.

SuaraJatim.id - Berasal dari Halmahera, Maluku Utara, kuliah di Surabaya, bergabung dalam asosiasi profesi Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI), bertugas di Rumah Sakit Universitas Indonesia, serta tinggal di mess yang disediakan BNPB. Inilah sekilas profil dari Ika Dewi Maharani, salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020.

Hari ini, Sabtu (31/10/2020), Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards atau SATU Indonesia Awards yang diinisiasi PT Astra International Tbk dengan semangat memberikan apresiasi kepada intan-intan bangsa dalam kerangka semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, mengumumkan 11 penerima penghargaan dalam bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta ditambah kategori khusus sehubungan pandemi COVID-19. Salah satu nama yang muncul adalah Ika Dewi Maharani, "Sang Garda Terdepan COVID-19".

Dalam acara apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 yang berlangsung secara daring dengan pertimbangan protokol kesehatan COVID-19, Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra, salah satu juri, menyebutkan bahwa pengalaman paling berkesan selama menjuri tahun ini adalah tentang perempuan menyetir ambulans.

Perempuan yang dimaksud adalah Ika Dewi Maharani. Dalam tayangan YouTube 11th SATU Indonesia Awards 2020 secara live streaming, ia menceritakan kegiatannya selama bergabung sebagai relawan medis di masa pandemi COVID-19.

Ika Dewi Maharani saat hendak memulai bertugas [streaming 11th SATU Indonesia Awards 2020].
Ika Dewi Maharani saat hendak memulai bertugas [streaming 11th SATU Indonesia Awards 2020].

"Saya sudah bekerja empat bulan, dengan pola kerja 12 jam shift," paparnya, sembari tayangan memperlihatkan dirinya siap bertugas dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) sebelum mengemudikan mobil ambulans berbasis commercial vehicle yang telah dipreparasi menjadi kendaraannya bertugas.

Tugas Ika Dewi Maharani adalah menjemput dan merawat pasien terpapar virus Corona jenis baru sebelum dibawanya ke rumah sakit.

"Selama saya sehat dan ada panggilan untuk menjemput pasien, pasti akan saya laksanakan," tukasnya.

Dikutip dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, disebutkan bahwa Ika Dewi Maharani, menjadi satu-satunya sukarelawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Dengan keahlian yang saya miliki: bisa menyetir, memiliki basic perawat, jadi pas. Sesuai dengan panggilan hati saya, dengan kemampuan yang saya punya, saya harus melayani," jelas Ika Dewi Maharani dalam konferensi pers secara daring di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Ika Dewi Maharani menyatakan bahwa menangani pasien di rumah sakit sudah hal biasa baginya. Akan tetapi, mengantar ke lokasi perawatan merupakan persoalan berbeda, mengingat menjadi driver ambulans adalah pengalaman perdana.

Komentar

Berita Terkait