alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Malnutrisi karena Menu Makanan Sama Setiap Hari, Cek Tips Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana Kamis, 26 November 2020 | 10:35 WIB

Cegah Malnutrisi karena Menu Makanan Sama Setiap Hari, Cek Tips Berikut
Ilustrasi makan burger. (Pixabay/Michael Wave)

Pola makan seperti ini dapat membuat seseorang kekurangan nutrisi penting atau malnutrisi.

SuaraJatim.id - Dikarenakan tidak ada ide, atau memang menjadi favoritnya, ada beberapa orang yang memilih untuk mengonsumsi menu makanan yang sama setiap hari. Namun tahukah Anda? Pola makan seperti ini justru dapat membuat mereka kekurangan nutrisi penting atau malnutrisi.

"Jika Anda makan pizza untuk makan malam setiap malam, Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan makanan lain yang lebih padat nutrisi," jelas ahli gizi Brigitte Zeitlin, dikutip dari Insider.

Untuk mencegahnya, Zeitlin merekomendasikan untuk menambahkan protein pada setiap makanan yang dikonsumsi, baik itu dari daging, ayam, ikan, telur, atau kacang-kacangan.

"Mengonsumsi cukup protein sangat penting untuk metabolisme yang sehat, pertumbuhan otot serta tulang yang kuat, dan energi," sambungnya.

Baca Juga: Terus Meningkat, Kasus Malnutrisi di Yaman Bikin PBB Khawatir

Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)

Ia menyarankan untuk mencari sumber protein yang sudah dimasak, seperti ayam atau ikan bakar, yang dapat bertahan untuk beberapa kali makan. Berbagai macam sayuran panggang dapat dipasangkan dengan menu tersebut.

Mikronutrien seperti vitamin dan mineral juga penting untuk kesehatan.

Untuk mendapatkannya, Zeitlin menyarankan untuk mencoba makan setidaknya tiga warna buah dan sayuran berbeda setiap hari.

Perbedaan warna pada setiap buah atau sayuran, dari merah tua hingga sayuran hijau, menandakan fitokimia yang berbeda, atau senyawa nabati dengan nutrisi serta manfaat kesehatan yang penting.

Cara memasak makanan pun penting untuk diperhatikan. Hal ini membantu memastikan tubuh mendapat nutrisi paling banyak dari makanan yang dikonsumsi, tanpa menambah terlalu banyak kalori kosong atau lemak jenuh.

Baca Juga: 3 Makanan Murah Ini Bisa Perbaiki Gizi Anak dengan Masalah Malnutrisi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait