alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Survei Pilgub Jatim 2023, Khofifah, Risma Hingga Emil Dardak Teratas

Chandra Iswinarno Senin, 12 April 2021 | 16:48 WIB

Survei Pilgub Jatim 2023, Khofifah, Risma Hingga Emil Dardak Teratas
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada saat memberikan keterangan kepada media, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (16/3/2021). [ANTARA/Vicki Febrianto]

Kontestasi politik daerah atau Pilkada memilih Gubernur Jawa Timur (Jatim) memang masih akan berlangsung pada tahun 2023.

SuaraJatim.id - Kontestasi politik daerah atau Pilkada memilih Gubernur Jawa Timur (Jatim) memang masih akan berlangsung pada tahun 2023, namun kekinian, muncul tiga nama yang digadang-gadang bakal bersaing ketat memperebutkan kursi Jatim-1.

Ketiga nama tersebut yakni Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

Ketiga nama tersebut muncul dari dari hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) di Hotel Narita Surabaya pada Senin (12/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Peneliti Senior SSC Surokim Abdussalam mengungkapkan, nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Wagub sekaligus Plt Ketua Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak menjadi tiga nama teratas hasil survei, baik survey top of mind maupun elektabilitas.

Baca Juga: Survei SSC: Milenial Favoritkan Khofifah, Risma dan Emil Jadi Cagub Jatim

“Untuk top of mind, Khofifah berada di puncak klasemen dengan 16,2 persen. Kemudian, disusul oleh Risma dan Emil dengan masing-masing 15,5 persen dan 52 persen. Sementara, nama-nama lain seperti Gus Ipul dan Mbak Puti serta Azwar Anas perolehannya tidak sampai 5 persen,” papar Surokim seperti dilansir Beritajatim.com-jaringan Suara.com.

Dari sisi elektabilitas, Khofifah cukup dominan dengan angka 26,8 persen, kemudian diikuti Risma 21,8 persen dan Emil 5,8 persen. Selain nama tersebut, ada juga Gus Ipul, Mbak Puti hingga Azwar Anas yang memperoleh tidak sampai 5 persen.

Surokim, yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura, mengatakan, masih ada potensi merengkuh suara dari kalangan milenial di bursa calon gubernur.

“Karena di survey top of mind masih ada 55,3 persen yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Sementara, di survey elektabilitas, 33,8 persen masih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir mengingat jumlah demografi milenial di Jawa Timur,” pungkasnya.

Survei tersebut diketahui dilakukan SSC dalam periode tanggal 5 Maret hingga 25 Maret 2021 yang digelar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca Juga: Kemensos Serahkan Santunan untuk 8 Ahli Waris Korban Gempa Malang

Tercatat ada 1.070 responden yang dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait