alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jaga Stok Darah Tetap Aman, PMI Jember Keliling ke Masjid Jemput Pendonor

Muhammad Taufiq Jum'at, 16 April 2021 | 14:16 WIB

Jaga Stok Darah Tetap Aman, PMI Jember Keliling ke Masjid Jemput Pendonor

Bulan puasa jangan sampai jadi penghalang buat donor darah.

SuaraJatim.id - Bulan puasa jangan sampai jadi penghalang buat donor darah. Palang Merah Indonesia (PMI), dalam momentum Ramadhan untuk menjaga stok darah agar aman sampai keliling ke masjid-masjid menjemput pendonor.

PMI melakukan safari jemput pendonor usai salat tarawih. Seperti dikatakan Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki. Ia mengatakan warga masih antusias mendonorkan darahnya setelah salat tarawih di masjid-masjid.

"Puasa Ramadan 1442 H tidak menghalangi umat Islam yang menjadi relawan pendonor untuk tetap bersedakah melalui donor darah di beberapa lokasi yang sudah dijadwalkan seperti di beberapa masjid," katanya, dikutip dari Antara, Jumat (16/04/2021).

Misalnya layanan donor darah PMI di Masjid Jami Darul Muttaqin di Kecamatan Balung pada Selasa (13/4) dan Masjid Jami di Kecamatan Ambulu pada Jumat ini.

Baca Juga: Dosen Unej Tersangka Pelecehan Seksual Dibebastugaskan Sementara

"Puluhan warga yang tinggal di sekitar masjid Jami Darul Muttaqin Balung antusias mendonorkan darahnya usai salat tarawih dan kegiatan donor darah di masjid setempat sudah rutin digelar," tuturnya.

Ia menjelaskan banyak relawan pendonor yang aktif mengikuti donor darah di sekitar masjid setempat, termasuk saat bulan Ramadan, sehingga kegiatan donor darah di masjid Jami Darul Muttaqin Balung sudah rutin dilaksanakan.

"Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah cukup tinggi, minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan selama bulan suci yang penuh berkah ini," katanya.

Zaenal mengatakan puasa tidak menghalangi para relawan pendonor darah untuk tetap donor darah dan sebaiknya dilakukan pada malam hari agar tidak lemas.

"Kalau tidak puasa donor darah bebas dilakukan, kalau pas puasa Ramadan lebih baik dilakukan pada malam hari, kebetulan di masjid-masjid pada Ramadan digelar salat tarawih sehingga usai salat tarawih mereka donor darah," ujarnya.

Baca Juga: Diduga Putra Kiai di Jember Sebar Video Mesum Bersama Kekasih, Motifnya Ini

Tidak hanya mereka yang ikut salat tarawih di masjid setempat yang ikut donor darah, namun banyak warga sekitar masjid datang saat donor darah dimulai.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait