alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Miris, Warga Dilarang Mudik, 85 WN China Malah Melenggang Masuk Indonesia

Chandra Iswinarno Kamis, 06 Mei 2021 | 16:46 WIB

Miris, Warga Dilarang Mudik, 85 WN China Malah Melenggang Masuk Indonesia
Tangkapan layar kolase video warga negara China di Bandara Soekarno-Hatta. [Ist/Instagram]

Video viral yang merekam kedatangan Warga Negara (WN) China masuk ke Indonesia pada Selasa (4/5/2021) ternyata bukan isapan jempol semata.

SuaraJatim.id - Video viral yang merekam kedatangan Warga Negara (WN) China masuk ke Indonesia pada Selasa (4/5/2021) ternyata bukan isapan jempol semata. Pihak Imigrasi membenarkan kedatangan puluhan warga China tersebut di tengah larangan mudik yang diberlakukan pemerintah kepada warganya sendiri.

Pun tak hanya itu, kedatangan WN China juga menimbulkan kontroversi di tengah merebaknya mutasi Virus Corona varian India dan Afrika Selatan.

Polemik kedatangan WN China tersebut kemudian dijawab Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara. Dia membenarkan, 85 WN China masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353.

“Benar pada Selasa 4 Mei 2021 Jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN China dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta,” jelasnya seperti yang dilansir dari Hops.id-jaringan Suara.com pada Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Puluhan WN China Masuk Indonesia, Publik: Warga Sendiri Dilarang Mudik!

Arya menegaskan, WN China yang datang ke Indonesia tersebut telah melalui beberapa prosedur kesehatan sesuai dengan protokoler kesehatan yang berlaku. Selain itu, pihaknya juga memastikan, dokumen keimigrasian WN China tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni Peraturan Menteri Hukum dan HAM.

“Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes,” ungkap Arya.

Dia mengemukakan, dokumen warga China tersebut sudah sesuai dengan peraturan Kemenkumham.

“Secara keimigrasian, diketahui bahwa Visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020,” lanjutnya.

Sebelumnya beredar luas video yang merekam kedatangan puluhan warga China di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (4/5/2021) sore. Dalam video tersebut nampak setibanya di bandara warga China langsung dijemput menggunakan bus.

Baca Juga: Viral! Imigrasi Akui 85 Warga China ke Indonesia saat Larangan Mudik

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait