alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masyaallah, Anggota Polres Tuban Swadaya Bangun Masjid Megah

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 09 Mei 2021 | 15:55 WIB

Masyaallah, Anggota Polres Tuban Swadaya Bangun Masjid Megah
Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban. [Foto: Suaraindonesia.co.id]

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, pembangunan masjid membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Persisnya pada pertengahan Agustus 2020 lalu.

SuaraJatim.id - Polres Tuban belum lama ini meresmikan pembangunan masjid megah dua lantai. Masjid itu diberi nama Masjid Baitul Mu'min. 

Masjid yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp 7 miliar itu rupanya merupakan hasil swadaya angngota Polres Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, pembangunan masjid membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Persisnya pada pertengahan Agustus 2020 lalu.

"Pembangunan masjid dua lantai dengan luas 20x25 meter persegi itu menghabiskan biaya sekitar Rp 7 miliar yang seluruhnya merupakan swadaya Personel Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak," katanya dikutip dari suaraindonesia.co.id jaringan suara.com, Minggu (9/5/2021).

Baca Juga: Pengusiran Warga Palestina, Berujung dengan Bentrokan di Masjid Al Aqsa

Gaya arsitektur masjid Baitul Mu'min mengadopsi gaya Timur tengah dengan interior penuh dengan marmer serta hiasan kaligrafi. 

"Masjid besar ini mampu menampung hingga 700 jemaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi Covid-19," sambungnya.

Ia melanjutkan, ide untuk membangun masjid tersebut lantaran kondisi masjid yang lama kurang memadai. Bangunan masjid sebelumnya, dibangun sejak 15 tahun lalu diatas tanah seluas 16x16 meter itu hanya mampu menampung sekitar 80 jemaah dalam kondisi normal.

"Ide pembangunan Masjid ini pertama kali muncul ketika saya sholat di masjid yang lama, seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudhunya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya juga terbatas," ujarnya.

Ia menambahkan, ide untuk membangun masjid bukan untuk berlomba-lomba, melainkan bagaimana dapat memakmurkan dengan memanfaatkan untuk sarana beribadah, baik wajib maupun sunnah serta kegiatan keagamaan lainnya.

Baca Juga: Bentrok Polisi dan Jamaah Palestina di Masjid Al Aqsa, Lukai 130 Orang

"Saya berharap pembangunan Masjid Baitul Mu'min tersebut dapat menumbuhkan motivasi personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," jelasnya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait