alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duhh! Puluhan Ibu Hamil di Kota Kediri Ketahuan Suspect Covid-19, Harus Waspada

Muhammad Taufiq Rabu, 11 Agustus 2021 | 11:50 WIB

Duhh! Puluhan Ibu Hamil di Kota Kediri Ketahuan Suspect Covid-19, Harus Waspada
Ilustrasi dokter memeriksa ibu hamil di RSUD Kota Kediri [Foto: Antara]

Kabar mengejutkan datang dari Kota Kediri Jawa Timur. Puluhan ibu hamil di sana dikabarkan suspect Covid-19. Ini ketahuan dari hasil pemeriksaan RSUD.

SuaraJatim.id - Kabar mengejutkan datang dari Kota Kediri Jawa Timur. Puluhan ibu hamil di sana dikabarkan suspect Covid-19. Ini ketahuan dari hasil pemeriksaan RSUD.

Seperti disampaikan Dokter Jaga Poliklinik Obgyn dr. Sutoko Andrianto. Ia mengatakan, puluhan ibu hamil tersebut ketahuan suspect saat berkunjung cek kesehatan di RSUD Gambiran sehingga mereka harus mendapatkan perhatian lebih.

Ia juga mengungkap data kunjungan ibu hamil di RSUD Gambiran Kediri per Juli 2021. Menurut dia, terdapat 95 kunjungan dengan 53 ibu hamil di antaranya merupakan suspek COVID-19.

"Bagi ibu yang terpapar COVID-19 dan melakukan pemeriksaan masih kami terima dengan protokol kesehatan yang ketat dan kami lakukan screening terlebih dahulu. Bahkan kami beranggapan selalu sedang berhadapan dengan suspect covid, sehingga kami selalu berwaspada," katanya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/08/2021).

Baca Juga: Kalap! Suami di Kediri Bunuh Secara Sadis Istrinya Gegara Terbakar Cemburu

Pihaknya memang memberikan pelayanan prima untuk melayani ibu hamil yang terpapar COVID-19. Sebagai rumah sakit rujukan maternal COVID-19 se-Eks Karesidenan Kediri, rumah sakit ini menerima ibu hamil yang terpapar COVID-19 baik untuk pemeriksaan hingga persalinan.

Ia menambahkan, ibu hamil memiliki potensi 40 persen lebih cepat terpapar COVID-19 dan tidak bergejala. Kejadian ini karena perubahan hormon di tubuh ibu hamil.

"Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuhnya. Pada awalnya tubuh ibu menolak ketika ada janin di dalam kandungan. Namun dengan adanya perubahan hormon, tubuh ibu lebih adaptif. Sama halnya dengan virus yang masuk tubuh ibu hamil, tidak akan ada gejala," kata Sutoko.

Dirinya juga mengatakan khusus bagi suspek COVID-19, RSUD Gambiran Kota Kediri telah menyiapkan dua ruang bersalin yang disediakan Hepa Filter atau penyaring udara.

"Ruang bersalin suspek COVID-19 diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada aerosol atau partikel gelembung udara yang beredar di sana. Selain itu, tersedia 12 ruang isolasi khusus ibu hamil," kata dia.

Baca Juga: Ibu Hamil 8 Bulan di Magetan Meninggal Bareng Bayinya Dalam Perut Terinfeksi Covid-19

Selain RSUD Gambiran, Kota Kediri, beberapa rumah sakit ibu dan anak serta klinik rawat jalan bagi ibu hamil di Kota Kediri juga siap melayani ibu hamil terpapar COVID-19. Salah satunya RSIA Nirmala dan Klinik Utama Sayang Ibu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait