alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Misterius, Pesan Ratu Elizabeth II kepada Kim Jong Un Ini Dinilai Punya Maksud Tersembunyi

Muhammad Taufiq Rabu, 15 September 2021 | 15:54 WIB

Misterius, Pesan Ratu Elizabeth II kepada Kim Jong Un Ini Dinilai Punya Maksud Tersembunyi
Ratu Inggris Elizabeth II [Ben STANSALL / AFP]

Beberapa waktu lalu Ratu Inggris Elizabeth II mengirim pesan kepada penguasa Korea Utara Kim Jong Un dalam perayaan Hari Nasional Korea Utara.

SuaraJatim.id - Beberapa waktu lalu Ratu Inggris Elizabeth II mengirim pesan kepada penguasa Korea Utara Kim Jong Un dalam perayaan Hari Nasional Korea Utara.

Pesan dari penguasa kerajaan Britania Raya ini terungkap dalam siaran pers yang disampaikan Pyongyang. Namun banyak pihak yang khawatir dengan pesan ratu Elizabeth tersebut di tengah kondisi ancaman perang dunia ketiga setelah Korut membangun rudal jarak jauhnya.

Rilis yang diterbitkan oleh media pemerintah Korea Utara itu menyatakan: "Kim Jong Un, presiden Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), menerima salam dari Elizabeth II, ratu Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara, pada 7 September."

Seperti dikutip dari The Sun, pesan itu dikirim dua hari sebelum parade hari pendirian Korea Utara. Pesan tersebut terselip di antara lusinan pesan dari pemimpin negara lain.

Baca Juga: Diam-diam, Ratu Elizabeth II Rutin Kirim Surat Persahabatan untuk Kim Jong Un

Pesan Ratu Elizabeth yang dianggap misterius itu berbunyi: "Ketika warga Republik Demokratik Rakyat Korea merayakan Hari Nasional mereka, saya mengirimkan harapan baik saya untuk masa depan."

Salah satu orang yang penasaran adalah Aidan Foster-Carter, peneliti senior di Universitas Leeds spesialis Korea Utara. Ia mengatakan kalau Korea Utara "Secara teratur menyapa ratu kami pada hari ulang tahunnya, tetapi saya tidak menemukan jejak pesan apa pun dari kami kepada mereka—sampai sekarang. Jadi ini membuat penasaran."

Dan meskipun mungkin ada beberapa ketidakpercayaan, seorang juru bicara kerajaan mengkonfirmasi bahwa Ratu memang mengirim pesan kepada Jong Un untuk peringatan 73 tahun berdirinya negara itu sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea.

Pekan lalu, pemimpin Korea Utara itu melambai ke arah orang banyak dari sebuah panggung di alun-alun Kim Il Sung selama parade tengah malam perayaan.

Foto-foto yang dirilis menunjukkan Kim terlihat jauh lebih kurus saat dia dipeluk oleh dua anak yang memujanya dan memberi hormat kepada pria yang berbaris dengan setelan biohazard.

Baca Juga: Usai Uji Rudal Jarak Jauh, Korea Utara Kini Tembakkan Rudal Balistik

Di sisi lain, Korea Utara juga sempat membuat hubungannya dengan Korea Selatan memanas setelah uji coba rudal jelajah jarak jauh yang disebut-sebut mampu membawa nuklir tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait