facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Manfaat Puasa Senin Kamis, Bisa Kurangi Potensi Serangan Jantung!

Risna Halidi Senin, 25 Oktober 2021 | 13:42 WIB

10 Manfaat Puasa Senin Kamis, Bisa Kurangi Potensi Serangan Jantung!
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

Ini dia manfaat puasa Senin-Kamis bisa dirasakan langsung oleh tubuh.

SuaraJatim.id - Manfaat puasa Senin-Kamis bisa dirasakan langsung oleh tubuh. Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu ibadah atau amalan sunah yang diperuntukkan bagi umat Islam.

Puasa sunah ini dilakukan setiap hari Senin dan Kamis dalam satu pekan. Wabah Az-Zuhaili menuturkan jika semua ulama sepakat jika hukum Puasa Senin Kamis merupakan Sunah. Jika dikerjakan mendapatkan pahala, jika ditinggalkan tidak berdosa.

Dalam kitab Hasyiyah Al-Bujairami ‘Alal Khatib karya Al-Bujairami disebutkan, dalam bahasa Arab Senin diartikan Isnain (secara bahasa bermakna dua), hari ini hari kedua penciptaan seluruh makhluk selain bumi. Sedangkan Kamis yakni Khamis (secara bahasa berarti lima), hari kelima penciptaan seluruh makhluk selain bumi.

Puasa yang sering dikerjakan Nabi Muhammad SAW ini mempunyai banyak manfaat, baik dari segi amal baik, pahala maupun bagi kesehatan bagi yang menjalankannya. Berikut manfaatnya:

Baca Juga: 3 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan Tubuh dan Tata Cara Mendirikannya

1. Puasa yang selalu dilakukan Nabi Muhammad
Puasa Senin-Kamis merupakan puasa yang selalu dilakukan oleh Rasulullah. Hal itu diungkapkan oleh istri nabi, Aisyah radhiyallu ‘anha: “Nabi selalu menjaga puasa Senin dan Kamis.” (H.R Tirmidzi dan Ahmad).

2. Hari penyetoran amal manusia
Orang yang berpuasa Senin-Kamis mempunyai kelebihan sendiri. Sebab pada dua hari itu merupakan hari penyetoran amal manusia. Saat disetorkan amalnya, orang tersebut dalam keadaan puasa.

Nabi Muhammad bersabda: “Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap Senin dan Kamis. Maka akan ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa,” (HR. Tirmidzi).

3. Hari dibukanya pintu surga
Pada Hari Senin-Kamis Allah membuka pintu surga-Nya. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada Hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan”. (HR Muslim)

4. Hari kelahiran dan wafatnya Rasulullah
Hari Senin merupakan hari kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad. Rasulullah SAW bersabda: “Nabi ditanya soal puasa pada Hari Senin, beliau menjawab ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim)

Baca Juga: Niat Puasa Kamis, Keutamaan dan Manfaatnya

Nabi Muhammad lahir pada Senin 9 Rabiul Awal atau bertepatan dengan 20/22 April 751. Nabi wafat pada Senin, 12 Rabiul Awal 632 Masehi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait