alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apa Itu Murtad? Banyak Artis dan Tokoh Pindah Agama Tinggalkan Islam

Pebriansyah Ariefana Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Apa Itu Murtad? Banyak Artis dan Tokoh Pindah Agama Tinggalkan Islam
Daftar artis pindah agama masuk Kristen. Mereka semua artis perempuan dan pindah agama karena ikut suami.

Terakhir tokoh sekaligus anak Proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri murtad.

SuaraJatim.id - Topik pindah agama dari Islam ke agama lain menarik diperhatikan. Salah satunya karena Indonesia mempunyai agama mayoritas Islam. Banyak artis pindah agama, terakhir tokoh sekaligus anak Proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri murtad. Tapi apa itu murtad?

Menurut buku berjudul Murtad Menurut Perundangan Islam oleh Arieff Salleh Rosman, murtad dalam Bahasa Arab diartikan sebagai 'kembali berbalik ke belakang'.

Sementara itu, pengertian murtad menurut syariat ialah seorang muslim yang menjadi kafir setelah keislamannya, tanpa ada paksaan, dalam usia tamyiiz (sudah mampu memilah dan memilih perkara, antara yang baik dari yang buruk) serta berakal sehat.

Secara etimologi, murtad dimaknai para ahli fikih sebagai al-ruj ` `an al-islm (berbalik dari Islam). Sedangkan secara terminologis, murtad diartikan Abdurraman al-Juzair atau dalam al-Fiqh `al alMadhhib al-Arba`a, yakni sebagai orang Islam yang memilih menjadi kafir setelah sebelumnya mengucapkan dua kalimat syahadat dan menjalankan syariat Islam. Kemurtadan itu diungkapkan secara jelas (shar), misalnya, “usyriku bi Allah” (saya menyekutukan Allah).

Baca Juga: Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, Bagaimana Penjelasannya

Artis murtad

1. Asmirandah

Transformasi Asmirandah. (Instagram/asmirandah89)
Transformasi Asmirandah. (Instagram/asmirandah89)

Asmirandah menikah dengan Jonas Rivanno pada 17 Oktober 2013. Saat itu, memang keduanya telah menjalani pacaran beda agama selama beberapa tahun.

Pernikahan digelar dengan akad nikah secara Islam dan Jonas Rivanno dikabarkan menjadi mualaf. Namun, pada 7 November 2013, pernikahan tersebut dibatalkan atas permintaan Asmirandah.

Selang satu bulan, tepatnya pada 22 Desember 2013, Jonas dan Asmirandah kembali menikah dengan pemberkatan setelah Asmirandah menjadi pengikut Kristus.

Baca Juga: Warga Sukabumi Gabungkan Simbol Agama, MUI Sebut Pelaku Sudah Pindah Keyakinan

2. Ovi Sovianti

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait