facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Saya Sholat Subuh Kesiangan, Masih Boleh Lanjut atau Skip Saja?

Pebriansyah Ariefana Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:05 WIB

Saya Sholat Subuh Kesiangan, Masih Boleh Lanjut atau Skip Saja?
Ilustrasi sholat, salat, shalat, tahiyat (envato)

"Barangsiapa yang ketiduran dari waktu sholat, atau lupa tinggalin salat, fal yushollihaa!".

SuaraJatim.id - Saat sholat Subuh kesiangan, apakah masih boleh lanjut sholat Subuh? Mendiang Syekh Ali Jaber akan menjawabnya saat masih hidup.

Menyadur dari video di kanal Youtube Kompilasi Tausiyah yang diunggah pada 3 Januari 2021, Syekh Ali Jaber sempat menjelaskan mengenai hal tersebut. Syekh Ali Jaber menjelaskan tentang bagaimana jika seseorang kesiangan saat salat Subuh. Syekh Ali Jaber kemudian melafalkan salah satu hadist yang memiliki arti sebagai berikut:

"Barangsiapa yang ketiduran dari waktu sholat, atau lupa tinggalin salat, fal yushollihaa!".

Menurut Syekh Ali Jaber, dalam hadist tersebut solusi dari Rasulullah menggunakan huruf hijaiyah 'fa' yang artinya 'segera' untuk mengimbau orang-orang yang tidak melaksanakan sholat karena ketiduran ataupun lupa.

Baca Juga: Melawan Hawa Nafsu dalam Islam, Ini Penjelasan Almarhum Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber melanjutkan penjelasannya, bahwa setelah bangun tidur dan teringat bahwa belum melaksanakan sholat Subuh, maka seorang muslim harus segera melaksanakan salat Subuh itu.

Rasulullah menyuruh untuk menyegerakan salat Subuh walaupun kesiangan karena tidak ada kafarah atau pengganti berupa bayar sedekah. Jadi, walaupun kamu bangun kesiangan, habis waktu salat Subuh, maka segera ambil wudhu dan sholat Subuh. Tidak boleh ditunda! Penjelasan ini menurut Syekh Ali Jaber juga berlaku untuk sholat fardhu yang lainnya, seperti Dzuhur, Ashar, Maghrib, atau Isya.

Sholat di awal waktu memiliki keutamaan lebih daripada salat di waktu-waktu lainnya. Dalam satu riwayat dari Ibnu Mas’ud ra dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Amalan yang paling afdhal (utama) adalah mendirikan salat (lima waktu) di awal waktu" (HR. Imam Tirmidzi).

Hadis di atas menunjukkan bahwa salat di awal waktu adalah yang paling utama sehingga bagi yang salat selain di awal waktu tidak otomatis menjadi orang tercela. Namun, alangkah baiknya kita membiasakan diri untuk salat di awal waktu karena fadilahnya tidak bisa disepelekan.

Niat Sholat Subuh

Baca Juga: Cara Melawan Hawa Nafsu dalam Islam Menurut Ali Jaber

Sholat Subuh harus dilaksanakan dengan niat. Berikut niat Sholat Subuh untuk dibaca sebelum takbiratul ikhram.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait