facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PBNU Kerahkan Relawan Bantu Penanganan Banjir Bandang di Kota Batu

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 05 November 2021 | 22:31 WIB

PBNU Kerahkan Relawan Bantu Penanganan Banjir Bandang di Kota Batu
Tim SAR gabungan bersama relawan dan warga membersihkan endapan lumpur akibat banjir bandang di Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp]

Relawan yang diperbantukan, yakni dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU) serta LazisNU. Mereka akan bertugas membantu segala proses penanganan.

SuaraJatim.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengerahkan relawan membantu penanganan banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur.

Relawan yang diperbantukan, yakni dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU) serta LazisNU. Mereka akan bertugas membantu segala proses penanganan musibah akibat banjir bandang.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah di Batu, Jatim," ujar Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, mengutip Antara, Jumat (5/11/2021).

Helmy juga mendorong pemerintah untuk bersama-sama mempercepat proses evakuasi dan pemulihan pascabanjir. Sebab dengan sinergi bersama, menurutnya, musibah di Kota Batu bisa diatasi dengan baik dan cepat.

Baca Juga: Warga Berebut Air Bersih Imbas Banjir Bandang di Kota Batu

Selain itu, PBNU juga mengajak kepada semua pihak untuk mendoakan para korban banjir sekaligus bersama-sama memberikan bantuan kemanusiaan.

"Mari berdoa yang terbaik. Semoga kita semua senantiasa diselamatkan dari segala bahaya dan musibah," kata dia.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyarankan Pemerintah Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, menetapkan status tanggap darurat bencana menyusul banjir bandang yang menewaskan enam orang di kota itu.

"Perlu adanya status darurat bencana, disarankan dua minggu ke depan," kata Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan.

Lilik juga mengimbau pemerintah kota meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi bencana susulan mengingat musim hujan akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.

Baca Juga: Pencarian Korban Banjir Bandang di Batu

Menurut data BPBD Kota Batu, hingga Jumat (5/11) pukul 11.00 WIB banjir bandang telah menyebabkan enam orang meninggal dunia dan memaksa 142 warga mengungsi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait