facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baca Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Benarkah Jika Anak Lelaki Akan Jadi Ganteng?

Pebriansyah Ariefana Kamis, 18 November 2021 | 13:20 WIB

Baca Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Benarkah Jika Anak Lelaki Akan Jadi Ganteng?
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Surat Yusuf diyakini dapat membantu perkembangan janin lebih baik dan sebagian dipercaya membuat bayi dilahirkan mempunyai wajah tampan.

SuaraJatim.id - Surat Yusuf untuk Ibu hamil dipecaya akan memberikan manfaat besar untuk calon bayi dalam kandungan. Hal ini dapat membantu perkembangan janin dalam perut sang ibu.

Surat ini diyakini dapat membantu perkembangan janin lebih baik dan sebagian dipercaya membuat bayi dilahirkan mempunyai wajah tampan.

Surat yang diturunkan di kota Mekkah ini membahas tentang riwayat hidup Nabi Yusuf AS. Riwayat hidup salah satunya adalah kisah ghaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dari riwayat hidup Nabi Yusuf AS terdapat banyak hikmah yang bisa diambil terutama keteladanannya sebagai utusan Allah SWT. Nabi Yusuf dikenal sebagai sosok yang mudah memaafkan orang, penyabar dan cerdik dalam berdakwah.

Baca Juga: Pasangan Asal Madura Ini Dikaruniai Dua Anak Berkat Teknologi Frozen Embryo Transfer

Makanya surat Yusuf ini dipilih menjadi surat yang dibacakan untuk ibu hamil.

Ilustrasi Bayi Laki-laki. (Pixabay)
Ilustrasi Bayi Laki-laki. (Pixabay)

Keutamaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Surat Yusuf mengisahkan riwayat kehidupan Nabi Yusuf AS yang dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Bagi ibu hamil, tentu akan menginginkan anaknya kelak memiliki kepribadian dan tampan seperti Nabi Yusuf AS.

Berikut ini adalah keutamaan surat Yusuf untuk ibu hamil yang wajib untuk diketahui.

1. Mengharapkan untuk mendapatkan kemuliaan seperti Nabi Yusuf AS

Baca Juga: Lahir Kembar, 2 Anak Ini Punya Selisih Umur 5 Tahun

Membaca dan mendengarkan surat Yusuf AS bermanfaat untuk mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT yang sama seperti Nabi Yusuf AS. Banyak ibu hamil yang mengharapkan anak terlahir tampan dan mulia seperti Nabi Yusuf AS.

Dengan membaca surat Yusuf saat hamil, janin tidak akan hanya tumbuh cantik dan tampan secara fisik namun memiliki keberkahan dan kebaikan baginya.

2. Terhindar dari kesulitan dalam hidup

Mengamalkan surat Yusuf dipercaya dapat menghindarkan seseorang dari kesulitan dalam hidup seperti tertimpa permasalahan, fitnah dan sulit mendapatkan rezeki.

3. Dapat memudahkan proses persalinan

Selain itu, mengamalkan surat Yusuf juga dapat memudahkan sang ibu untuk menjalakan proses persalinan sebagaimana telah tertera dalam surat Yusuf ayat 64 sebagai berikut.

“Dia (Yakub) berkata, "Bagaimana aku akan mempercayakannya (Bunyamin) kepadamu, seperti aku telah mempercayakan saudaranya (Yusuf) kepada kamu dahulu?" Maka Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang.”” (QS. Yusuf: 64)

Makna dari ayat tersebut Allah SWT adalah Maha Penyayang untuk para hamba-Nya. Oleh karena itu, ibu mengamalkan surat Yusuf dapat mengharapkan doa untuk memudahkan proses persalinannya.

4. Tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalehah

Semua ibu menginginkan anaknya untuk tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Karena itu sang ibu harus mengamalkan berbagai hal baik semasa kehamilan salah satunya adalah mengamalkan surat Yusuf. Hal ini sebagaimana tercantum dalam surat Yusuf ayat 68 yang berbunyi:

“Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikit pun keputusan Allah, (tetapi itu) hanya satu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan karena kami telah mengajarkan kepadanya. Namun kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Yusuf: 68)

Demikian penjelasan mengenai keutamaan surat Yusuf untuk ibu hamil.

Kontributor : Rio Rizalino

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait