facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keutamaan Al Baqarah, Surah Alif Lam Mim yang Terbagi dalam Tiga Juz

Risna Halidi Jum'at, 19 November 2021 | 10:20 WIB

Keutamaan Al Baqarah, Surah Alif Lam Mim yang Terbagi dalam Tiga Juz
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Surah Alif Lam Mim atau surah Al Baqarah merujuk pada ayat pertama yang begitu diingat dengan bacaan dan arti Alif Laam Miim dalam Alquran.

SuaraJatim.id - Surah Alif Lam Mim atau surah Al Baqarah merujuk pada ayat pertama yang begitu diingat dengan bacaan dan arti Alif Laam Miim dalam Alquran.

Al Baqarah merupakan surah ke-2 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 286 ayat yang terbagi dalam tiga juz. Juz pertama mencakup ayat 1-141, juz kedua 142-252 dan juz ketiga 253-286.

Hanya satu ayat yang tidak turun di Kota Madinah, yakni ayat ke-281, yang turun di Kota Mina. Ada beragam tema yang dibahas dalam Surah Al Baqarah. Mulai dari golongan manusia menghadapi Alquran hingga cara-cara menggunakan harta dan hukum-hukumnya.

Surah Al Baqarah sangat identik dengan ayat pertama yang dibaca Alif Laam Miim. Dalam terjemahan di Alquran Kementerian Agama, ada yang berpendapat bahwa Alif Laam Miim merupakan nama surah.

Baca Juga: Keistimewaan Surah At Takasur, Doa Pengiring Tidur Bagi yang Ingin Berjumpa Nabi Muhammad

Sementara ada pula pendapat lain bahwa Alif Laam Miim digunakan untuk menarik perhatian, atau untuk menunjukkan mukjizat Alquran. Meski tersusun dari rangkaian bahasa bangsa Arab, namun tak ada seorang pun yang mampu membuat rangkain huruf yang bisa seperti Alquran .

Berikut ini 5 ayat dalam Surah Alif Lam Mim atau Surah Al Baqarah. Lima ayat pertama dalam Surah Al Baqarah menjadi yang paling sering digunakan dalam salat berjamaah, khususnya salat lima waktu atau tarawih:

1. alif lm mm

Artinya, Alif Lam Mim.

2. likal-kitbu l raiba fh, hudal lil-muttaqn

Baca Juga: Baca Surah Al Kahfi ayat 1-10, Niscaya Kita Akan Terlindung dari Dajjal

Artinya, Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait