facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keistimewaan Surah Yunus Ayat 99-100: Tidak Ada Paksaan dalam Beragama

Pebriansyah Ariefana Senin, 29 November 2021 | 14:21 WIB

Keistimewaan Surah Yunus Ayat 99-100: Tidak Ada Paksaan dalam Beragama
Surah Yunus Ayat 99-100

Sebab arti Surah Yunus Ayat 99-100 menjelaskan soal toleransi.

SuaraJatim.id - Surah Yunus ayat 99-100 mempunyai keistimewaan dalam sisi makna dan arti. Sebab arti Surah Yunus Ayat 99-100 menjelaskan soal toleransi.

Dalam surat tersebut, manusia diberi kebebasan percaya atau tidak. Kaum Yunus yang tadi enggan beriman pada mulanya, kasih sayangnyalah yang mengantar Allah SWT memperingatkan dan mengancam mereka.

Di sini kaum Yunus yang tadinya enggan beriman dan membangkang atas kerelaan mereka, akhirnya mereka sendiri yang sadar dan beriman.

Ilustrasi toleransi beragama. (Shutterstock)
Ilustrasi toleransi beragama. (Shutterstock)

Seperti ditulis dalam skripsi RABIATUL ADAWIYAH BINTI RAHMAN dari FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM, AACEH, dituliskan Islam adalah jalan tengah dalam segala hal, baik dalam konsep, akidah, ibadah, perilaku, hubungan sesama manusia maupun dalam peundangan-undangan.

Baca Juga: Tanggapi Perempuan Salat yang Dinyinyiri, Ainun Najib: Yang Sempit Toleransimu

Berikut isi surah Yusnus ayat 99-100 beserta artinya:

99. walau sy`a rabbuka la`mana man fil-ari kulluhum jam', a fa anta tukrihun-nsa att yakn mu`minn

Artinya: Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang di bumi seluruhnya. Tetapi apakah kamu (hendak) memaksa manusia agar mereka menjadi orang-orang yang beriman?

100. wa m kna linafsin an tu`mina ill bi`inillh, wa yaj'alur-rijsa 'alallana l ya'qiln

Artinya: Dan tidak seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah, dan Allah menimpakan azab kepada orang yang tidak mengerti.

Baca Juga: Surah Al Kafirun Beserta Artinya Terjemahan Basa Indonesia, Full Arab Juga

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Masih dalam skripsi tersebut, menurut Wahbah Az-Zuhaili dalam tafsir al-wasith, ia mengatakan bahwa ayat tersebut adalah larangan melakukan pemaksaan dalam beriman.
Seandainya tuhanmu mengkehendaki wahai Muhammad agar seluruh penduduk bumi beriman dengan risalah niscaya Allah melakukannya. Jika ini terjadi karena ketetapan Allah wahai Muhammad, apakah kamu memaksa manusia dengan perang dan mengharuskan atau mendesak mereka kepada iman agar menjadi orang-orang yang beriman.

Iman tidak terjadi tidak pula diminta kecuali dengan sukarela dan tidak terjadi dengan paksaan. Asbab Nuzul adalah, Ayat ini mengisyaratkan bahwa manusia diberi
kebebasan percaya atau tidak.

Kaum Yunus tadinya enggan beriman, kasih sayang yang mengantar Allah SWT. memperingatkan dan mengancam mereka. Kaum Yunus yang tadinya membangkang atas kehendak mereka sendiri, kini atas kehendak mereka sendiri pun mereka sadar dan beriman, sehingga Allah swt. tidak menjatuhkan siksanya. Demikian Allah memberi kebebasan kepada manusia.

Demikian isi kandungan Surah Yunus Ayat 99-100.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait