alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tafsir, Kandungan, Serta Bacaan Surah An Nisa Ayat 59: Wajib Taat Kepada Ulil Amri

Pebriansyah Ariefana Senin, 06 Desember 2021 | 10:22 WIB

Tafsir, Kandungan, Serta Bacaan Surah An Nisa Ayat 59: Wajib Taat Kepada Ulil Amri
Surah An Nisa Ayat 59

Dinamakan An Nisa (wanita) karena dalam surah ini banyak dibicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita.

SuaraJatim.id - Surah An Nisa ayat 59 memerintahkan umat manusia agar menaati peraturan hukum. Surah An Nisa terdiri atas 176 ayat dan tergolong surah Madaniyyah. Dinamakan An Nisa (wanita) karena dalam surah ini banyak dibicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita.

Surah ini merupakan surah yang paling banyak membicarakan wanita dibanding dengan surah-surah yang lain. Surah An Nisa adalah surah terpanjang sesudah surat Al Baqarah.

Berikut ini tafsir Surah An Nisa ayat 59:

Agar penetapan hukum dengan adil tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka diperlukan ketaatan terhadap siapa penetap hukum itu. Ayat ini memerintahkan kaum muslim agar menaati putusan hukum, yang secara hirarkis dimulai dari penetapan hukum Allah.

Baca Juga: Viral Diduga Karena Sakit Hati, WK Nekat Sebarkan Video Bercintanya dengan Mantan Istri

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah perintah-perintah Allah dalam Al Quran, dan taatilah pula perintah-perintah Rasul Muhammad, dan juga ketetapan-ketetapan yang dikeluarkan oleh Ulil Amri pemegang kekuasaan di antara kamu selama ketetapan-ketetapan itu tidak melanggar ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu masalah yang tidak dapat dipertemukan, maka kembalikanlah kepada nilai-nilai dan jiwa firman Allah, yakni Al Quran, dan juga nilai-nilai dan jiwa tuntunan Rasul dalam bentuk sunahnya, sebagai bukti jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari Kemudian. Yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya, baik untuk kehidupan dunia kamu, maupun untuk kehidupan akhirat kelak.

Bacaan surah An Nisa ayat 59 beserta dengan artinya:

Y ayyuhallana man a'ullha wa a'ur-rasla wa ulil-amri mingkum, fa in tanza'tum f syai`in fa ruddhu ilallhi war-rasli ing kuntum tu`minna billhi wal-yaumil-khir, lika khairuw wa asanu ta`wl

Artinya:

Baca Juga: Pacar Ogah Tanggung-jawab, Wanita Muda di Sukoharjo Tega Bunuh Bayinya Secara Keji

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Ilustrasi berdoa (Pixabay)
Ilustrasi berdoa (Pixabay)

Kandungan surah An Nisa ayat 59:

Orang-orang yang beriman wajib taat kepada Allah dan Rasulullah secara penuh. Yakni mengamalkan Al Quran dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Wajib taat kepada ulil amri selama tidak bertentangan dengan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika ulil amri memerintahkan sesuatu yang bertentangan dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah atau untuk bermaksiat kepada Allah, maka tidak ada kewajiban taat kepadanya.

Al Quran dan hadits adalah sumber hukum Islam. Ketika ada hal-hal yang diperselisihkan, harus dikembalikan kepada keduanya.

Kembali kepada Al Quran dan hadits akan menghasilkan penyelesaian yang lebih baik dan membawa keberkahan.

Menjadikan Al Quran dan hadits sebagai sumber hukum dan mengembalikan kepada penilaian keduanya ketika terjadi perselisihan adalah bukti keimanan. Orang yang tidak mau menjadikan Al Quran dan hadits sebagai hakimnya, keimanannya dipertanyakan.

Jalan yang terbaik menyelesaikan perselisihan dalam suatu urusan maka harus kembali kepada Allah dan Rasul Nya.

Demikian ulasan mengenai kandungan, tafsir serta bacaan surah An Nisa ayat 59.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait