alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat Terpuji Nabi Idris AS: Pandai, Gagah Berani dan Rendah Hati

Pebriansyah Ariefana Senin, 06 Desember 2021 | 11:16 WIB

Sifat Terpuji Nabi Idris AS: Pandai, Gagah Berani dan Rendah Hati
Sifat Terpuji Nabi Idris AS (Mustaqim.net)

Nabi Idris AS mendapat hak kenabian setelah Nabi Adam dan Nabi Syits. Berikut sifat terpuji Nabi Idris AS.

SuaraJatim.id - Nabi Idris AS merupakan Rasul yang mendapat perintah untuk menyampaikan risalah kepada kaumnya. Nabi Idris AS mendapat hak kenabian setelah Nabi Adam dan Nabi Syits. Berikut sifat terpuji Nabi Idris AS.

Dalam tulisan di Mustaqim.net, sejak diangkat menjadi Rasul, Nabi Idris AS menyampaikan risalah kepada kaum bani Qabil. Nabi Idris AS mendapat mendapat wahyu berupa 30 shahifah melalui perantara Malaikat Jibril.

Semua dakwah Nabi Idris bertujuan untuk mengajarkan tauhid dan beribadah kepada ALLAH SWT. Agar manusia bisa meniti jalan kebenaran, jalan keselamatan dari siksa neraka, dan penyelamatan dari kehancuran serta kebinasaan dunia.

Sejak kecil Nabi Idris AS memiliki sifat rajin belajar, dalam riwayat dijelaskan bahwa Nabi Idris AS sejak kecil rajin belajar kitab-kitab dan mushaf Nabi Adam AS dan Nabi Syits AS. Nabi Idris AS ini merupakan orang pertama yang menulis dengan pena.

Baca Juga: 4 Sifat Mustahil Bagi Rasul, dari Kadzib hingga Khiyanat

Tidak hanya itu, ALLAH SWT menganugerahi Nabi Idris AS dengan kepandaian naik kuda, ilmu alam, dan berhitung. Serta orang pertama yang bisa menjahit pakaian dan mengetahui cara melipat serta mengetahui cara mengenakan pakaian.

Kemampuan komunikasi Nabi Idris AS pun tidak diragukan, bahka berbagai macam bahasa dikuasi olehnya. Sehingga mempermudah Nabi Idris AS saat berkomunikasi dengan dengan manusia yang memiliki bahasa yang berbeda.

ALLAH SWT juga menganugerahi Nabi Idris AS dengan kepandaian merangkai dan merancang model rumah. Kemampuan arsitektur Nabi Idris AS saat membuat model rumah yang sederhana dan indah membuat banyak orang menirunya dan meminta bantuannya saat ingin membangun rumah.

Namun, dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Nabi Idris AS, ternyata kaumnya masih saja ada yang durhaka dan tidak mau mengikuti seruan-seruannya. Namun, Nabi Idris melewatinya dengan tegar dan tetap sabar.

Melansir dari buku cerita Nabi Idris AS bergambar, dijelaskan beberapa sifat terpuji Nabi Idris AS selama hidup dan berdakwah kepada kaumnya, di antaranya:

Baca Juga: Surah Al Alaq 1-5, Ayat Al Quran Pertama Yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad

1. Taat beribadah kepada ALLAH SWT, Nabi Idris AS selalu menjalankan ibadah yang diperintah oleh ALLAH SWT dan menjauhi laranganNYA.

2. Cakap dan pandai, Nabi Idris AS terkenal dengan kepandainya dalam berbagai hal. Bahkan dikenal sebagai manusia pertama yang menulis dengan kalam atau pena. Menguasai berbagai ilmu pengetahuan seperti ilmu matematika, perbintangan, ternak, menjahit, arsitektur, dan berkuda.

3. Gagah berani, Nabi Idris AS merupakan sosok yang dikenal dengan sebutan ‘Asadul Usud’ yang mempnyai arti ‘singa dari segala singa’.

4. Rendah hati, Nabi Idris AS tidak pernah berlaku sombong kepada siapa saja meski diberi banyak kelebihan.

5. Sabar, Nabi Idris AS meski mendapat banyak rintangan dan hambatan saat berdakwa, Nabi Idris AS masih sabar menghadapi mereka yang berlaku durhaka kepada seruan dakwahnya. Dan Nabi Idris AS mempunyai keyakinan, bahwa kesabaran akan membawa kemenangan.

6. Menghormati sesama manusia, Nabi Idris AS mempunyai sifat dan menyerukan dakwah untuk memupuk jiwa tenggang rasa.

7. Ikhlas, Nabi Idris AS memiliki sifat ikhlas saat menjalankan ibadah sejak dari niat.

8. Semangat, Nabi Idris AS memiliki semangat yang tinggi.

9. Tata kepada Raja / Pemimpin, Nabi Idris AS memiliki dan mengajarkan ajaran untuk selalu taat pada pembesar dan selalu bersifat bersyukur.

10. Tidak iri hati, Nabi Idris AS selalu menyerukan untuk tidak iri hati kepada orang yang memiliki nasib baik.

11. Kesederhanan, Nabi Idris AS memiliki dan mengajarakan untuk kaumnya selalu bertingkah laku sederhana.

12. Jujur, Nabi Idris AS memiliki dan mengajarkan kaumnya untuk selalu jujur dan tidak berbohong, apalagi melakukan sumpah palsu.

Al Quran juga mengisahkan Nabi Idris AS dalam QS. Maryam ayat 56-57 yang mempunyai arti, “dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Nabi Idris (yang disebut) di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya Ia adalah seorang Nabi yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.”

Demikianlah informasi mengenai sifat terpuji Nabi Idris AS yang bisa diteladani serta diamalkan oleh Umat Islam.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait