alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Tidur Serta Tata Cara Tidur yang Dianjurkan Nabi Muhammad

Pebriansyah Ariefana Rabu, 08 Desember 2021 | 16:49 WIB

Doa Tidur Serta Tata Cara Tidur yang Dianjurkan Nabi Muhammad
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Berdoa sebelum beraktivitas bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar semua urusan dipermudah oleh-Nya. Selain itu dengan berdoa juga merupakan salah satu bentuk ibadah.

SuaraJatim.id - Dalam ajaran agama Islam, hendaknya sebelum melakukan aktivitas yang kita dianjurkan untuk berdoa. Termasuk saat ingin terlelap, jangan lupa membaca doa tidur.

Berdoa sebelum beraktivitas bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar semua urusan dipermudah oleh-Nya. Selain itu dengan berdoa juga merupakan salah satu bentuk ibadah. Allah bahkan menyukai orang yang berdoa kepada-Nya.

Diriwayatkan oleh Imam Al Hakiim, Imam Ibnu Adi, dan imam Al-Baihaqi dari sayyidah Aisyah r.a. dalam hadis yang berbunyi:

Nabi Muhammad saw. bersabda, “Sungguh Allah ta’ala itu menyukai orang-orang yang melanggengkan (selalu tetap) di dalam berdoa.”

Baca Juga: Sejarah Turunnya Al Quran, Diperingati Setiap 17 Ramadhan dengan Nuzulul Quran

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa maksud tetap dalam berdoa adalah ia selalu konsisten berdoa kepada Allah swt. dengan ikhlas dan niat yang benar.

Ilustrasi tidur telentang. (Pixabay)
Ilustrasi tidur telentang. (Pixabay)

Berikut ini doa tidur yang dianjurkan untuk dibac setiap hari agar kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: "Dengan nama Engkau, ya Allah, aku hidup dan aku mati"

Adapun kegiatan yang dilakukan Nabi menjelang tidur daiantaranya yaitu:

Baca Juga: Cara Shalat Istikharah Agar Diberi Petunjuk Kemudahan Usaha

1.Larangan tidur sebelum isya’ dan berbincang setelahnya

Nabi telah melarang tidur sebelum isya’ karena dikhawatirkan orang yang tidur sebelum isya’ tidak dapat bangun pada malamnya, sehingga dia akan meninggalkan sholat isya'.

2. Berwudhu dan menghadap ke kanan

Berwudhu merupakan salah satu kebiasaan yangdilakukan Rasulullah tidak hanya ketika akan melaksanakan sholat, namun bisa dilakukan ketika menjelang tidur. Hal ini dilakukan apabila seseorang seandainya meninggal pada saat waktu tidur, maka seseorang itu meninggalnya dalam keadaan yang suci (fitrah).

3. Membersihkan tempat tidur

Kebersihan sangat penting bagi manusia. Karena itu Nabi telah mengajarkan untuk senantiasa menjaga kebersihan dalam segala hal, seperti dalam makanan, minuman, dan pakaian. Begitu pula dengan tempat tidur.

4. Berdoa

Allah telah memerintahkan kita agar berdoa kepada-Nya. Sebab, doa adalah permohonan kepada Allah atas ketidak berdayaan manusia dalam menghadapi masalah kehidupan. Sebagaimana firman Allah dalam Al mu’min: ayat 60.

5. Berdzikir

Salah satu kebiasaan Rasulullah Saw adalah, beliau senantiasa melantunkan dzikir, baik secara lisan maupun dengan hati. Dengan demikian hati beliau tidak pernah kosong dari mengingat Allah SWT.

6. Membaca Al Quran

Rasulullah ketika menjelang tidur membaca surat Al Falaq, dan An Naas. Dalam dua surah tersebut terdapat
permintaan perlindungan dari segala kejahatan, baik secara global maupun terperinci. Yaitu berlindung dari roh-roh jahat pada malam hari.

7. Mematikan Lampu, menutup tempat air, dan makanan.

Perintah Nabi untuk mematikan lampu dan sumber api ini dilatarbelakangi oleh suatu peristiwa terbakarnya sebuah rumah di Madinah pada suatu malam. Ketika Nabi
mendengar berita ini, kemudian muncullah hadis tentang perintah mematikan lampu ketika hendak tidur.

Demikian doa tidur lengkap dengan tata cara yang dianjurkan nabi Muhammad sebelum tidur.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait