alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Sebelum Belajar, Agar Dapat Nilat Bagus dan Lulus Ujian

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 14:01 WIB

Doa Sebelum Belajar, Agar Dapat Nilat Bagus dan Lulus Ujian
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Agar mendapat kemudahan dari Allah SWT ketika sedang belajar, hendaklah mengawalinya dengan membaca doa.

SuaraJatim.id - Berikut ini doa sebelum belajar agar Anda dapat nilai bagus dan lulus ujian. Agar mendapat kemudahan dari Allah SWT ketika sedang belajar, hendaklah mengawalinya dengan membaca doa.

Belajar tak terpaku pada anak-anak maupun pemuda yang berstatus sebagai pelajar SD, SMP, SMA serta berkuliah. Belajar juga berlaku pada orang dewasa, tak peduli usia yang terus bertambah.

Dikutip dari NU Online, seorang ulama sufi, Abdullah bin Mubarak, sebagaimana tertuang dalam Ihya Ulumiddin karya Imam al-Ghazali, ia berkata "Seseorang disebut pintar selama ia terus belajar. Begitu ia merasa pintar, saat itu ia bodoh".

Ilustrasi Belajar. (pexels.com)
Ilustrasi Belajar. (pexels.com)

Bahkan ketika berjihad dalam sebuah peperangan, tak semua mukmin harus ke medan perang. Ada pula yang tak perlu berangkat, untuk memperdalam pengetahuan, dalam hal ini pengetahuan tentang agama. Ini ditegaskan dlaam Surah At-Taubah ayat 122.

Baca Juga: Dear Parents, Ini Saran Psikolog Agar Belajar di Rumah Lebih Menyenangkan

Tulisan Latin Surah At Taubah ayat 122 :

Wa m knal-mu`minna liyanfir kffah, falau l nafara ming kulli firqatim min-hum `ifatul liyatafaqqah fid-dni wa liyunir qaumahum i raja' ilaihim la'allahum yaarn

Artinya:

Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.

Surah ini bisa memberi gambaran tentang pentingnya belajar atau menuntut ilmu, baik ilmu yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari serta ilmu beragama. Ilmu digunakan sebagai panduan utama dalam melakukan setiap kegiatan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Mood Belajar, Dijamin Nggak Gampang Bosan!

Ilustrasi belajar (pexels/Min An).
Ilustrasi belajar (pexels/Min An).

Banyak pula hadits yang menceritakan tentang pentingnya menuntut ilmu. Dikutip dari laman Ponpes Gontor, dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

Tulisan Latin:

Man Salaka Thoriiqon Yaltamisu Fiihi Ilman Sahhalallahu Lahu Thoriiqon Ila Al Jannah

Artinya: Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga."

Dari Surah At Taubah ayat 122 dan hadits tersebut, maka perlu dipahami dan disadari tentang pentingnya menuntut ilmu atau belajar bagi setiap umat muslim. Jangan menjadikan usia sebagai patokan untuk belajar.

Berikut ini doa sebelum belajar, agar ilmu-ilmu yang dipelajari dapat dipahami, berkat ridha Allah SWT. Doa ini diikutip dari kitab Majmuah Maqraut Yaumiyyah wa Usbuiyyah karangan Muhammad bin Abdullah Faqih, yang diperoleh darii KH Ali Mashum Lasem:

Allâhummarzuqnâ fahman nabiyyîna wa hifdhal mursalîna wa ilhâmal malâikatil muqarrabîn birahmatika yâ arhamar râhimîna

Artinya: "Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih."

Lafal tersebut bisa disambung dengan doa:

Allâhumma aghninî bil ‘ilmi, wazayyinnî bil hilmi wa akrimnî bit taqwâ, wa jammilnî bil ‘âfiyah, birahmatika yâ arhamar râhimîn

Artinya: "Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih."

Lalu ada pula doa sebelum belajar, yang terdapat dalam kitab Perukunan Melayu Besar, yang diambil dari karya Syekh Muhammad Arsyad Banjar :

Fafahhamn Sulaimna, wa kullan tayn hukman wa ‘ilman, wa sakhkharn ma‘a Dwdal jibla yusabbihna wat thayra, wa kunn f‘iln. Y hayyu, y qayymu, y rabba Ms wa Hrn, wa rabba Ibrhm, way rabba Muhammadin shallallhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘n. Allhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, y arhamar rhimn.

Artinya: "Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih."

Demikian pembahasan mengenai doa sebelum belajar dan pentingnya menuntut ilmu selama hidup. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Kontributor : Lukman Hakim

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait