facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengertian Hari Kiamat Kubra dan Sugra, Lengkap Beserta Dalilnya

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 29 Desember 2021 | 16:05 WIB

Pengertian Hari Kiamat Kubra dan Sugra, Lengkap Beserta Dalilnya
Ilustrasi akhir perhidupan manusia di Bumi. [Shutterstock]

Hari kiamat adalah rahasia Allah SWT, jadi hanya Allah yang Maha Tahu kapan hari kiamat akan terjadi.

SuaraJatim.id - Hari kiamat atau hari akhir ini pasti datang tapi mahkluk hidup tidak mengetahui kapan datangnya, sebagai umat muslim wajib percaya dan yakni tentang hal ini. Manusia kelak akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan Allah SWT.

Allah berfirman bahwa hari kiamat itu ada, seperti di QS. Al-Hajj 22:7 yang artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (QS. al-Hajj/22: 7).

Hari kiamat adalah rahasia Allah SWT, jadi hanya Allah yang Maha Tahu kapan hari kiamat akan terjadi. Ketika hal tiba, bumi akan hancur, semua makhluk mati, lalu Allah menghidupkan kembali manusia dari dalam kubur.

Iman kepada hari kiamat merupakan menyakinu bahwa seluruh alam akan mengalami kehancuran. Hari akhir ditandai dengan Malaikat Israfil meniup terompet sangkakala, dan masih ada lagi tanda-tanda yang lain.

Baca Juga: Surah Al Insyiqaq, Manusia akan Bersusah Payah Menemui Tuhannya Saat Hari Kiamat

Hari kiamat ada dua macam yaitu Kiamat Shughra (Kiamat Kecil) dan Kiamat Kubra (Kiamat Besar).

1. Kiamat Sugra (Kiamat Kecil)

Kiamat Sugra atau kiamat kecil merupakan terjadinya kematian yang menimpa sebagian makhluk Allah SWT. Seperti contohnya matinya seseorang karena sakit, kecelakaan, musibah tsunami, banjir, tanah longsor, dan sebagainya.

2. Kiamat Kubra (Kiamat Besar)

Kiamat Kubra atau kiamat besar merupakan terjadinya kematian dan kehancuran seluruh alam semesta. Kiamat kubra akan dirasakan oleh semua makhluk hidup didunia.

Baca Juga: Surah Al Haqqah Ayat 1-52: Cerita Lengkap Hari Kiamat Hingga Manusia Dihisap Amalnya

Kejadian mengenai hari kiamat digambarkan oleh Allah Swt. Begitu dahsyat, sebagaimana tertuang dalam Qs. Al Qariah ayat 4-5 yang artinya:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait