facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Apakah Bisa Diganti dengan Doa Lain?

Pebriansyah Ariefana Rabu, 05 Januari 2022 | 17:55 WIB

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Apakah Bisa Diganti dengan Doa Lain?
Ilustrasi sholat, salat, wanita muslim, sholat malam, berdoa (elemen envato)

Versi pandangan itu dari Mazhab Syafii dan Maliki memiliki pandangan bahwa melakukan doa qunut ketika shalat subuh adalah hal yang dianjurkan.

SuaraJatim.id - Apakah doa qunut sholat Subuh bisa diganti dengan bacaan lain? Berikut penjelasannya.

Berdasarkan penjelasan NU Online, ada dua versi pandangan mengenai doa qunut.

Sebelum membahas itu, berikut doa qunut:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud yang Benar, Jika Dijalankan Raih 7 Manfaat Besar

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam

Arti:

Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Mazhab Hambali Mengacu Pada Riwayat Rasulullah SAW

Versi pandangan itu dari Mazhab Syafii dan Maliki memiliki pandangan bahwa melakukan doa qunut ketika shalat subuh adalah hal yang dianjurkan.

Hal ini berdasar pada hadits riwayat Anas bin Malik, seperti berikut ini:

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada sholat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia."

Lalu dalam versi lain, yakni mazhab Hambali dan Hanafi, memiliki pandangan bahwa doa qunut bukan sebuah anjuran ketika sholat subuh.

Hal ini berdasar dari hadits riwayat Muslim, seperti berikut ini:

"Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut ketika sholat fajar (shalat Subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum."

Bagaimana jika ingin membaca doa qunut saat shalat subuh, tapi tidak hafal dengan doa qunut? Ternyata, bacaan ayat yang mengandung doa, ketika dibaca diniatkan untuk qunut bisa menjadi pengganti doa qunut shalat subuh, seperti yang terdapat pada kitab Fat Al Muin.

Salah satu ayat yang mengandung doa, sebagai pengganti doa qunut, adalah Surah Al Baqarah ayat 201.

Rasulullah SAW sering membaca doa sapu jagat ini agar selamat dari siksa neraka.

Tulisan Latin:

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar

Arti:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."

Demikian penjelasan mengenai pengganti doa qunut shalat subuh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang agama Islam.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait