facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Buruh Migran Asal Malaysia di Karantina di Surabaya, Ini Lokasinya

Muhammad Taufiq Minggu, 23 Januari 2022 | 10:56 WIB

Buruh Migran Asal Malaysia di Karantina di Surabaya, Ini Lokasinya
Layanan swab di Bandara Juanda Sidoarjo [Foto: Antara]

Para Pekerja Miran Indonesia (PMI) asal Malaysia kemarin tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo. Sebanyak 129 buruh migran itu segera menjalanis tes PCR.

SuaraJatim.id - Para Pekerja Miran Indonesia (PMI) asal Malaysia kemarin tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo. Sebanyak 129 buruh migran itu segera menjalanis tes PCR.

Hasilnya, 2 pekerja migran positif terpapar Covid-19 sementara tiga orang sakit. Lalu sebanyak 124 orang menjalani karantina di Kota Surabaya, Sabtu (22/01/2022).

Kedatangan PMI dari Malaysia menggunakan maskapai Malaysia Airlines ini lebih cepat dari yang semula dijadwalkan Rabu (26/1/2022) menjadi Sabtu (22/1/2022).

Data jumlah PMI yang tiba di Surabaya ini disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur. Mereka bukan hanya PMI asal Jatim, namun juga dari daerah lain.

Baca Juga: Seorang Pekerja Migran Indonesia Meninggal di Brunai Darussalam

"Insya Allah kami siap membantu memfasilitasi PMI," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melalui rilisnya yang diterima beritajatim.com, Minggu (23/1/2022).

Adapun untuk lokasi karantina para PMI ini yakni di Wisma Atlet. Di Jawa Timur setelah mereka mendarat di Juanda, di swab PCR dan hal lain sesuai dengan standar protokol kesehatan kedatangan dari luar negeri.

"Hal-hal yang berkaitan dengan swab PCR-nya dan seterusnya, sudah ada di dalam tim penanganan yang dikoordinasikan BNPB," ujarnya menambahkan.

Sedangkan petugas yang membantu menangani PMI di lokasi karantina adalah lembaga yang datang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mereka sudah standby di Surabaya sejak sebelum kedatangan.

Mantan Mensos RI ini pun berharap, seluruh mekanisme dan simulasi yang telah dipersiapkan secara matang oleh pemerintah dan seluruh jajaran, terkait kepulangan PMI ke Jatim semoga semua berjalan lancar. "Semoga lancar dan sehat semua," katanya.

Baca Juga: Omicron Masuk Kalbar, Satu Pekerja Migran Indonesia Asal Sulsel Dinyatakan Positif

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan, setelah tiba di Terminal 2 Internasional Juanda, PMI langsung swab PCR (antrean maksimal 1 jam). Ketika menunggu hasil swab PCR, PMI dilarang makan dan minum.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait