facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Mau Tidur Beserta Keutamaannya

Pebriansyah Ariefana Rabu, 26 Januari 2022 | 05:47 WIB

Bacaan Doa Mau Tidur Beserta Keutamaannya
Ilustrasi berdoa, Kumpulan Doa untuk Orang Sakit (Freepik)

Seorang muslim diwajibkan membaca doa sebelum tidur. Hal ini sebagai bentuk tindakan bertaqwa kepada Allah SWT pemilik pagi dan malam.

SuaraJatim.id - Berikut ini doa mau tidur. Tidur merupakaan kondisi seseorang beristirahat secara alami. Tidur kerap dikaitkan dengan relaksasi otot dan berkurangnya rangsangan manusia maupun hewan terhadap lingkungan. Tidur sangatlah penting untuk kesehatan.

Kurangnya tidur dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah rendah, halusinasi, mudah marah, pelupa, gangguan penilaian moral, berkurangnya kemampuan reaksi dan akurasi, meriang, nyeri otot, pertumbuhan melambat, obesitas, dan lain sebagainya.

Setiap orang yang terbangun hingga tertidur melewati beberapa tahapan. Pertama ,rapid eye movement dan non-rapid eye movement.

Kedua, tahap tersebut berkaitan dengan resepsi otak dan saraf tertentu. Siklus ini terjadi beberapa kali hingga manusia dapat tidur dengan pulas hingga bangun.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Meminta Rezeki yang Berlimpah dan Berkah

Dalam agama Islam, manusia diajarkan untuk selalu berdoa dalam segala aktivitas. Salah satu aktivitas yang mewajibkan seseorang untuk berdoa adalah aktivitas tidur.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Sebelum tidur, umat muslim membaca doa berikut agar tidur yang dilakukannya dapat menjadi tidur yang bermanfaat:

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Baca Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha Ini, Agar Dipermudah Segala Urusan

Selain itu, dianjurkan sebelum tidur bahwa seorang muslim dan muslimah harus bersuci. Kemudian membaca surat Al Falaq, An Nas, dan Ayat Kursi:

Al Falaq:

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.”

“Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

An Nas:

“Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.”

“Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Ayat Kursi:

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Demikian penjelasan terkait doa mau tidur dan beberapa keutamaan membacanya. Selanjutnya, diketahui bahwa keutamaan seseorang membaca doa sebelum tidur adalah mendapat perlindungan dari Allah, berserah diri kepada Allah SWT, mendapatkan berkah dan manfaat dalam tidurnya. Allah SWT menyayangi hambaNya yang senantiasa mengingatnya.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait