facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lafal Doa Bangun Tidur Beserta Artinya dan Keutamaan Bangun Pagi

Pebriansyah Ariefana Rabu, 26 Januari 2022 | 15:20 WIB

Lafal Doa Bangun Tidur Beserta Artinya dan Keutamaan Bangun Pagi
Ilustrasi berdoa, Kumpulan Doa untuk Orang Sakit (Freepik)

Bangun tidur merupakan waktu yang paling menentukan keproduktifan seseorang. Seseorang yang terbiasa bangun pagi akan lebih produktif pada hari tersebut.

SuaraJatim.id - Berikut ini pembahasan doa bangun tidur. Tidur adalah bentuk aktivitas manusia sebagai relaksasi. Tidur dikenal sebagai aktivitas beristirahat.

Tidur kerap dilaksanakan pada malam hari. Namun, tak jarang pula tidur dilakukan pada siang hari.

Tidur menjadi proses istirahat bagi makhluk hidup dan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidur dilakukan oleh manusia dan hewan.

Tahapan manusia saat sadar hingga tertidur dan bangun lagi terbagi menjadi 3 fase. Fase-fase tersebut adalah Pradormitiujm yakni fase peralihan sadar hingga tidur.

Baca Juga: Kumpulan Doa Imlek 2022 untuk Dipanjatkan Memohon Kemakmuran Hingga Hidup Lebih Baik

Pada fase ini, manusia masih bisa mendengar suara di sekitar. Selanjutnya yakni fase postdormitium adalah fase peralihan saat tidur untuk kembali sadar.

Berikutnya yakni fase samnologie yakni apabila ada gangguan tidur:

Dalam agama Islam, terdapat beberapa aktivitas manusia dan harus dimulai dengan berdoa.

Kegiatan tersebut juga termasuk saat bangun tidur.

Berikut ini doa bangun tidur:

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Susah Tidur, Coba Praktikkan Malam Ini

"Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr"

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.”

Dalam agama Islam, terdapat beberapa adab umat muslim ketika bangun tidur. Adab tersebut yakni: bangun sebelum subuh, mengucapkan Alhamdulillah dan berdoa bangun tidur. Berikut ini sunnah bangun tidur, yakni membaca:

"Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri"

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berzikir kepada-Nya."

Berikut ini manfaat bangun di pagi hari yakni lebih mudah fokus dan konsentrasi, meningkatkan produktivitas, membuka pintu rezeki, dijauhkan dari rasa malas. Tentu banyaknya kebaikan bangun pagi menjadikan seseorang lebih dapat produktif dalam hidup.

Berkaitan dengan bangun pagi, Rasulullah SAW bersabda:

“Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan." (HR Ath-Thabrani dan Al-Bazzar).

Selanjutnya diketahui pula manfaat bangun pagi dan melaksanakan adab agama Islam bagi seseorang. Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan keberkahan hidup seseorang yang mengingat-Nya.

Demikian penjelasan lebih lanjut terkait doa bangun tidur dan artinya.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait