facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Berdoa Rasulullah SAW, Diulang 3 Kali Setiap Diucapkan, Lalu Istighfar 3 Kali Juga

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 28 Januari 2022 | 17:20 WIB

Cara Berdoa Rasulullah SAW, Diulang 3 Kali Setiap Diucapkan, Lalu Istighfar 3 Kali Juga
Ilustrasi berdoa, Doa agar diterima di universitas yang diinginkan (Freepik)

Cara doa ini bisa jadi amalan.

SuaraJatim.id - Cara berdoa Rasulullah SAW yang mustajab dikabulkan Allah. Cara doa ini bisa jadi amalan.

Menjadi kebiasaan Rasulullah SAW mengulang doa, dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menyukai berdoa (dengan mengulang) tiga kali dan istighfar tiga kali.”

Berikut keutamaan mengulang doa dikutip dari Muslima:

1. Dijauhkan dari kegelisahan

Baca Juga: Doa Istri Paling Mustajab Membuat Suami Sukses di Pekerjaan dan Kehidupan, Masya Allah

Dengan senantiasa berdoa pada Allah, maka akan dijauhkan dari kegelisahan. Dalam sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa tidak mau meminta kepada Allah, niscaya Dia akan marah kepadanya.” (HR. Ahmad II/442 no.9699, dan At-Tirmidzi V/456 no.3373, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dan dihasankan syaikh Al-Albani)

2. Doa dapat merubah takdir

Doa menjadi kekuatan untuk merubah takdir, seperti dalam sabda Rasulullah SAW : Tidakada yang bisa menolak qadha kecuali doa dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali perbuatan baik (HR. Tirmidzi)

3. Akan mendapatkan perlindungan

Allah akan memberikan perlindungan bagi hamba yang selalu berdoa, seperti dalam sabda Rasulullah SAW : “Tidaklah seorang hamba meminta perlindungan dari neraka sebanyak tiga kali, kecuali neraka akan berkata, “Ya Allah, lindungilah dia dariku.” Dan tidaklah ia meminta surga kecuali, surga akan berkata, “Ya Allah, masukkanlah ia kepadaku.” (HR. Ahmad, Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata, “Hadis shahih, dan isnad ini hasan karena ada Yunus bin Abu Ishaq, namun ia dimutaba’ahkan.”)

Baca Juga: Kamu Putus Asa dalam Berdoa? Mungkin Ini Penyebab Doa Tidak Dikabulkan

4. Terhindar dari murkanya Allah

Allah menyukai seorang hamba yang selalu berdoa pada-Nya, dengan selalu berdoa maka akan terhindar dari murkanya Allah Swt. Seperti firman-Nya: “Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. [Ghafir : 60].

Dalam suatu hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang tidak mau memohon kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.”

5. Mendapatkan pahala berlipat

Berdoa adalah ibadah, dan bagi hamba yang senantiasa berdoa pada Allah maka akan mendapatkan pahala berkali-kali. Seperti dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud no. 1479, At Tirmidzi no. 2969, Ibnu Majah no. 3828 dan Ahmad 4/267; dari An Nu’man bin Basyir)

6. Menjadi ibadah yang mulia

Berdoa menjadi ibadah yang mulia, seperti dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada sesuatu yang paling mulia bagi Allah Ta’ala daripada doa.” (HR. Ahmad, Bukhari dalam Adabul Mufrad, Tirmidzi dan Hakim, dan dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 5392)

Demikian cara berdoa Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait