facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masyarakat Indonesia Paling Doyan Belanja Fesyen dan Aksesoris di E-Commerce

Muhammad Taufiq Jum'at, 28 Januari 2022 | 17:49 WIB

Masyarakat Indonesia Paling Doyan Belanja Fesyen dan Aksesoris di E-Commerce
Ilustrasi e-commerce / online shop (pexels)

Survei pasar atau market research Ipsos Indonesia yang dilakukan pada akhir tahun 2021, ternyata masyarakat Indonesia paling doyan belanja fesyen dan aksesoris di e-commerce.

SuaraJatim.id - Survei pasar atau market research Ipsos Indonesia yang dilakukan pada akhir tahun 2021, ternyata masyarakat Indonesia paling doyan belanja fesyen dan aksesoris di e-commerce.

Riset ini dilakukan terhadap teren belanja di tiga pemain utama pasar e-commerce Indonesia: Shopee, Tokopedia dan Lazada. Hal ini disampaikan Associate Director, OBV & CHP, Ipsos Indonesia, Gita Marino, Jumat (28/01/2022).

Riset tersebut dilakukan terhadap 1.000 responden yang memiliki pengalaman melakukan pembelian dengan menggunakan setidaknya dalam dua tahun terakhir.

"Kita menanyakan bahwa saat berbelanja di e-commerce itu, barang apa sih yang mereka beli? Kategori apa? Dan untuk pemain-pemain utama e-commerce ini, ada kesamaan produk yang mempunyai tingkat pembelanjaan tertinggi, yaitu yang pertama adalah fesyen dan aksesoris," katanya, seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Persaingan E-commerce di Tengah Kemeriahan Akhir Tahun

Setelah kategori fesyen dan aksesoris, kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan menempati urutan kedua sebagai kategori yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, dan Lazada, kemudian disusul oleh kategori kebutuhan sehari-hari atau daily product dan FMCG (Fast Moving Consumer Goods).

Sementara itu di Bukalapak, kategori fesyen dan aksesoris juga menempati urutan pertama disusul kategori daily product dan FMCG, kemudian kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan.

Sedangkan di Blibli, kategori yang mendominasi pembelian adalah kategori daily product dan FMCG, diikuti kategori fesyen dan aksesoris, kemudian kecantikan, perawatan, dan kesehatan.

"Ini lumayan menarik karena untuk kategori daily product dan FMCG sebelum e-commerce memiliki penetrasi setinggi ini, orang banyak berbelanja kategori tersebut di toko offline. Tapi sekarang justru mempunyai tingkat pembelanjaan yang tinggi e-commerce," ujar Gita.

"Jadi orang sudah mulai berbelanja daily product dan FMCG di e-commerce. Bahkan di Blibli, kategori pertama yang dibeli pengguna di platform tersebut adalah daily product dan FMCG," katanya memungkasi.

Baca Juga: Mengapa Masyarakat Lebih Suka Belanja lewat e-Commerce?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait