facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kocak! Bocah Ini Ungkap Kenapa Uang Kertas Pecahan Rupiah Banyak Gambar Perempuan

Muhammad Taufiq Minggu, 08 Mei 2022 | 13:00 WIB

Kocak! Bocah Ini Ungkap Kenapa Uang Kertas Pecahan Rupiah Banyak Gambar Perempuan
Viral bocah ungkap alasan gambar perempuan di sisi uang kertas [Foto: Tangkapan layar Instagram]

Sebuah video viral di media sosial ketika seorang bocah mengungkap alasan kenapa uang kertas Rupiah banyak bergambar wanita.

SuaraJatim.id - Sebuah video viral di media sosial ketika seorang bocah mengungkap alasan kenapa uang kertas Rupiah banyak bergambar wanita.

Video boca laki-laki itu salah satunya diunggah akun @infokediriraya. Dalam video itu, si bocah bertanya sambil membeber uang pecahan Rupiah.

Dari pecahan Rp 100 ribu, kemudian Rp 50 ribu, lalu Rp 20 ribu, kemudian Rp 10 ribu dan terakhir Rp 2 ribu. Dalam uang pecahan Rupiah itu memang hampir semuanya menampilkan sosol perempuan.

"Kenapa banyak (uang) bergambar wanita? Dari pada laki-laki, karena memang uang yang bisa bikin wanita berbahagia," demikian celoteh bocah dalam video tersebut.

Baca Juga: Viral Video Wisatawan Masak di Pantai Berakhir 'Disapu' Ombak

Akun @kediriraya mengunggahnya dengan menyematkan caption tanda tanya. "Opo bener ngunu lur?"

Perlu diketahui, terkait pencetakan uang kertas ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Bank Indonesia diberikan tugas dan kewenangan Pengelolaan Uang Rupiah mulai dari tahapan Perencanaan, Pencetakan, Pengeluaran, Pengedaran, Pencabutan dan Penarikan, sampai dengan Pemusnahan.

Dalam setiap pencetakan uang kertas ini, BI menentukan detail pecahan uang yang akan dicetak termasuk desainnya seperti apa.

Untuk saat ini, pemerintah mengeluarkan tujuh uang kertas, yakni pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu lalu Rp 2 ribu.

Baca Juga: Kali Pertama ke Rumah Pacar, Perempuan Ini Disambut Keluarga hingga Iringan Musik ala Pengantin

Untuk gambar pada uang kertas ada dua sisi, depan dan belakang. Sisi depan biasanya dipampang sosok pahlawan nasional. Sementara sisi belakang menggambarkan gambar adat istiadat atau budaya Indonesia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait