facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Korban Tertimpa Batu di Air Terjun Tirtosari Magetan Rombongan Pegawai Telkom, Polisi Beber Hasil Olah TKP

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 03 Juli 2022 | 23:22 WIB

Korban Tertimpa Batu di Air Terjun Tirtosari Magetan Rombongan Pegawai Telkom, Polisi Beber Hasil Olah TKP
Batu menimpa tiga wisatawan Air Terjun Tirtosari, Desa Ngancar Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (3/7/2022). [Beritajatim.com]

Kronologisnya, total ada tujuh orang wisatawan rombongan dari pegawai Telkom Pasuruan. Mereka berwisata ke Telaga Sarangan dan menginap di salah satu hotel.

SuaraJatim.id - Olah tempat kejadian perkara (olah TKP) peristiwa wisatawan tertimpa batu di Air Terjun Tirtosari Magetan telah digelar, Minggu (3/7/2022). Kepolisian menduga insiden itu murni faktor alam.

Kronologisnya, total ada tujuh orang wisatawan rombongan dari  pegawai Telkom Pasuruan. Mereka berwisata ke Telaga Sarangan dan menginap di salah satu hotel.

Kemudian, enam diantaranya berwisata ke Air Terjun Tirtosari, pada Minggu (3/7/2022) pukul 11.30 WIB dengan memakai jasa ojek.

Rombongan kemudian asik berwisata di kawasan air terjun.Nahas, sebuah batu terlepas dari tebing dan menimpa tiga orang wisatawan tersebut.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup Pasca Wisatawan Tertimpa Batu

“Jadi, murni karena faktor alam. Batu itu terlepas dari tebing dan kemudian menimpa para wisatawan. Pertama kali diketahui oleh salah satu tukang ojek, dan kemudian mereka melapor ke Perhutani dan Pos Polisi di Sarangan. Akhirnya, para korban bisa dievakuasi ke Puskesmas Plaosan dan kemudian dirujuk ke RSUD dr Sayidiman,” kata Kapolsek Plaosan, AKP Joko Yuhono mengutip dari beritajatim.com jejaring Suara.com, Minggu (3/7/2022).

Dijelaskannya, kawasan tersebut kondisinya memang dikelilingi tebing tanah bebatuan sehingga tidak ada pembatas wisatawan dengan objek wisata.

Berdasarkan keterangan para saksi bahwa tidak terjadi longsoran bebatuan dengan kapasitas besar dari air terjun, namun berasal dari atas tebing di sekitar.

“Kami memprediksi adanya kemungkinan akan kembali terjadi kejadian serupa mengingat kondisi lokasi wisata berbatasan langsung dengan tebing bermaterial tanah dan batuan,” kata Joko.

Pihaknya pun masih melakukan koordinasi antar dinas terkait dalam pengelolaan objek wisata Air Terjun Tirtosari untuk mencegah terjadinya kejadian serupa yg berpotensi menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga: Wisatawan Asal Subang Jabar Tewas Tertimpa Batu di Wisata Air Terjun Tirtosari Magetan

"Kami akan melakukan monitoring secara berkelanjutan serta optimalisasi fungsi bhabinkamtibmas pasca kejadian guna deteksi dini dan antisipasi munculnya potensi gangguan kamtibmas,” pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait