Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gunung Kilimanjaro Terkoneksi Internet, Pemancar Terpasang di Ketinggian 3.720 Mdpl

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 19 Agustus 2022 | 08:05 WIB

Gunung Kilimanjaro Terkoneksi Internet, Pemancar Terpasang di Ketinggian 3.720 Mdpl
Dua jerapah tertangkap kamera berlatar indahnya pegunungan Kilimanjaro, Tanzania. (Foto: Ayzenstayn/Getty Images)

Pemancar internet tersebut dipasang pada hari Rabu kemarin (17/8/2022). Pemasangan ini diprakarsai oleh perusahan telekomunikasi negara Tanzania.

SuaraJatim.id - Gunung Kilimanjaro, Tanzania terkoneksi internet. Pemerintah setempat telah memasang pemancar internet di salah satu lereng jalur pendakian.

Hal ini ditujukan agar para pendaki dapat selalu mengakses internet dan memposting kegiatan mereka di media sosial.

Pemancar internet tersebut dipasang pada hari Rabu kemarin (17/8/2022). Pemasangan ini diprakarsai oleh perusahan telekomunikasi negara Tanzania.

Pemancar diletakkan pada ketinggian 3.720 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Baca Juga: 7 Gaya Artis Wanita Hobi Naik Gunung: Raline Shah Taklukkan Puncak Kilimanjaro

"Sebelumnya bahaya mengintai pendaki dan pembawa barang yang harus melakukan aktivitas mereka tanpa koneksi internet," ungkap Nape Nnauye, Menteri Informasi Tanzani seperti dilansir dari The Guardian.

Nnauye juga mengungkap bahwa koneksi internet tersebut belum bisa merambah ke puncak. Namun mereka merencanakan akan memberikan koneksi internet hingga di puncak paling lambat akhir tahun ini.

Nnauye juga berpendapat bahwa hal ini akan memudahkan para pendaki memposting keberhasilan mereka menaklukkan Kilimanjaro. Tentunya hal ini jauh berbeda dengan yang ada pada tahun 1950'an dimana pendaki harus menunggu setidaknya selama 4 hari untuk menyampaiakan  keberhasilan mereka menaklukkan gunung tertinggi di dunia, Everest misalnya.

Adanya jangkauan internet yang lebih jauh ini juga akan mempermudah pendaki mengetahui perubahan cuaca di sekitar gunung Kilimanjaro, Tanzania. Tak hanya itu, jika hal buruk terjadi maka petugas juga akan lebih mudah melacak posisi mereka melalui sinyal handphone yang dipancarkan.

Sebagai informasi, Kilimanjaro Tanzania merupakan gunung tertinggi di Afrika. Gunung ini cukup menjadi incaran para pendaki dari seluruh dunia. Setidaknya lebih dari 35 ribu penggunjung berusaha mendaki gunung ini dan menunjukkan keberhasilan mereka dalam mengalahkan ketinggiannya.

Baca Juga: Kebakaran Besar Landa Gunung Kilimanjaro, Ekosistem Setempat Terancam

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait