Bukan Cuma Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Rumah Dua Wakil Ketua Dewan Juga Digeledah KPK

Pimpinan DPRD Jatim kembali dibuat jantungan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kembali lagi ke provinsi yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa itu.

Muhammad Taufiq
Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:29 WIB
Bukan Cuma Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Rumah Dua Wakil Ketua Dewan Juga Digeledah KPK
Ilustrasi Gedung KPK.

SuaraJatim.id - Pimpinan DPRD Jatim kembali dibuat jantungan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kembali lagi ke provinsi yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa itu. Sejak Selasa, 17 Januari 2023 mereka berada di Surabaya.

Setelah itu, rombongan tersebut berangkat menuju Lamongan. Di kabupaten tersebut, rombongan KPK mendatangi rumah pribadi Kusnadi. Ia merupakan ketua DPRD Jatim. Rumah itu berada di wilayah RT 04, RW 03, Desa Puter, Kecamatan Kembangbahu.

KPK datang didampingi dua personel Brimob Polda Jatim. Sesampainya di daerah tersebut, mereka langsung mendatangi rumah Rokhanah, ketua RT 04. Menanyakan kediaman Fujika Senna Oktavia –isteri Kusnadi–.

"Tadi ada dua orang yang datang ke rumah saya. Mereka minta izin ditunjukkan rumah bu Fujika," kata Rokhanah, kepada awak media.

Baca Juga:Ferry Irawan Ancam Bongkar Aib Venna Melinda di Bogor Jika Tak Mau Damai

Dia pun langsung mengantarkan rombongan KPK itu ke suatu rumah berukuran sangat besar. Berwarna putih. Sayangnya, di sana, hanya asisten rumah tangga (ART) Kusnadi yang ditemui. Sang pemilik sedang tidak ada di rumah.

Kesehariannya, istri Kusnadi itu merupakan Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lamongan. Penyidik KPK itu langsung menggeledah rumah tersebut. Sekitar satu jam pemeriksaan itu dilakukan. Dimulai pukul 09.00 pagi kemarin.

Belum diketahui apa saja yang dibawa rombongan tersebut dari rumah mewah itu. Namun yang pasti, ketika keluar dari rumah, mereka membawa satu koper, satu dus yang terbuat dari karton dan satu ransel.

Diduga, di dalamnya berisi beberapa dokumen yang berkaitan dengan kasus suap dana hibah yang menjerat Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak dan kawan-kawan.

Hari sebelumnya, dua rumah wakil ketua DPRD Jatim diperiksa. Lokasi rumahnya di Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng dan di Sukodono, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Secara pasti, juru bicara KPK Ali Fikri tidak menjelaskan pemilik dua rumah tersebut.

Baca Juga:Kasus KDRT Venna Melinda, Ferry Irawan Ajukan Penangguhan Penahanan, Begini Respons Polda Jatim

Namun, berdasarkan informasi, Achmad Iskandar tinggal di wilayah Pucang Sewu. Sementara, Anik Maslachah tinggal di wilayah Sukodono. Juga ada rumah wakil rakyat lain yang sempat didatangi KPK. Rumah itu, berada di Kecamatan Mulyorejo, Surabaya.

Rumah lainnya yang didatangi adalah kediaman Agung Mulyono ketua Komisi D DPRD Jatim. Lalu, rumah Koordinator Perencanaan dan Pendanaan Bappeda Jatim, dan rumah kepala Bappeda Jatim.

Ali Fikri menjelaskan, dalam penggeledahan itu, tim KPK RI mengamankan beberapa barang bukti. Seperti dokumen dan alat elektronik yang diduga masih berkaitan dengan penganggaran dana hibah.

"Analisis dan penyitaan akan segera dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan tersangka STPS (Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak, Red.) dan kawan-kawannya," katanya, Jumat (20/1/2023).

Kontributor : Yuliharto Simon Christian Yeremia

News

Terkini

Isu penculikan anak dalam beberapa hari terakhir meneror para orangtua di sejumlah daerah di Jawa Timur ( Jatim ). Informasi beredar melalui grup-grup WhatsApp dan media sosia

News | 09:45 WIB

Beredar video yang memperlihatkan seorang pemuda mengendarai motor dengan gaya tak biasa. Pemuda itu mengendarai motor sambil tiduran di jok.

News | 09:11 WIB

Sejak usia 4 bulan, balita bernama Assyifa Aulia Susanti berjuang tanpa anus. Orang tua balita 3 tahun itu pun tak bisa berbuat apa-apa karena ekonomi terbilang lemah.

News | 09:06 WIB

Polisi mengamankan 107 orang usai kericuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh pendukung Arema FC

News | 07:28 WIB

Kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa Aremania di depan Kantor Arema FC menjadi perhatian publik. Aksi tersebut ternyata mengakibatkan korban luka-luka.

News | 17:30 WIB

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berpesan kepada Bonek, suporter Bajul Ijo agar bisa menjaga ketertiban tanpa kerusuhan saat tim kesayangannya dijamu Madura United

News | 15:37 WIB

TPPO masih banyak terjadi, modusnya menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Sementara di negara tujuan, korbannya dijanjikan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART)

News | 22:36 WIB

Apa yang dilakukan Sulaiman ini bisa dibilang nekat betul. Pria 31 tahun asal Kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan Kabupaten Bangkalan, itu menguras barang-barang kantor BMT

News | 09:53 WIB

Nama Samanhudi Anwar keluar belakangan. Mantan Wali Kota Blitar 2 periode ini disangkutpautkan dalam kasus perampokan tersebut setelah sekian lama tenggelam.

News | 08:33 WIB

Seorang pengamen di Kediri, Jawa Timur kedapatan mengendarai motor saat mengamen di sebuah toko pakaian. Hal ini sontak membuat heran warganet.

News | 08:07 WIB

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga ikut membantu merancang aksi pencurian dengan kekerasan atau perampokan Rumah Dinas Wali Kota Santoso pada 12 Desember 2023 lalu

News | 08:00 WIB

Setelah hampir dua bulan kasus perampokan disertai penyekapan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso akhirnya terungkap. Salah satu tersangka ternyata eks Wali Kota Balitar.

News | 21:04 WIB

Para Nahdliyin, sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU), saat ini merayakan usia seabad organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Acara puncaknya bakal digelar di Sidoarjo.

News | 12:31 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi santai kode-kode dorongan dirinya maju sebagai calon gubernur Jawa Timur ( Jatim ) yang ramai sejak kemarin.

News | 11:31 WIB

Seorang bocah laki-laki berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah minimarket di Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi percobaan pencurian itu terekam CCTV.

News | 10:34 WIB
Tampilkan lebih banyak