Viral Pasangan Pengantin di Madura Disawer Uang oleh Tamu Undangan

Sejumlah daerah di Indonesia memiliki adat istiadat khas saat melakukan acara pernikahan. Salah satunya yakni budaya pernikahan di daerah Madura, Jawa Timur.

Muhammad Taufiq
Senin, 23 Januari 2023 | 07:48 WIB
Viral Pasangan Pengantin di Madura Disawer Uang oleh Tamu Undangan
Pengantin Madura disawer duit [Foto: Tangkapan layar Instagram]

SuaraJatim.id - Sejumlah daerah di Indonesia memiliki adat istiadat khas saat melakukan acara pernikahan. Salah satunya yakni budaya pernikahan di daerah Madura, Jawa Timur.

Adat istiadat pernikahan dari daerah Madura ini tergolong unik. Jika pada umumnya pengantin yang duduk di pelaminan akan ditaburi berbagai macam bunga, tapi pasangan pengantin di Madura justru berbeda. Mereka akan ditaburi dengan uang saweran dari para tamu undangan.

Hal itu seperti yang terlihat dalam video pesta pernikahan yang diunggah oleh akun instagram @maduragantengcantik ini.

Dalam video terlihat pasangan pengantin tengah duduk di kursi sofa berwarna putih yang ditempatkan di atas panggung.

Baca Juga:Viral, Seorang Pengemudi Ojol Dikeroyok Orang Tak Dikenal di Mangga Besar Jakarta Pusat

Sejumlah tamu undangan tampak berbaris di depan pasangan pengantin itu. Rupanya, mereka tengah mengantri untuk memberikan uang saweran.

Seorang perempuan yang mengenakan pakaian berwarna ungu tampak memberikan uang satu per satu dan diarahkan ke sebuah wadah berwarna abu-abu di antara kaki kedua mempelai.

Selanjutnya, seorang pria mengenakan kemeja batik juga melakukan hal yang sama.

Perekam kemudian mengarahkan kamera ke bawah panggung. Tampak banyak tamu undangan berkumpul di depan panggung. Tak sedikit yang mengabadikan momen sawer tersebut.

Selain sawer, si empunya hajat juga mendatangkan salah satu grup dangdut yang cukup terkenal.

Baca Juga:Viral Bayi Diberi Minum Kopi Susu, Simak Penjelasan Dampaknya Menurut Medis

Unggahan tersebut pun mengundang beragam komentar dari warganet. Cuplikan video itu pun menuai pro kontra.

"Kalau memang mau ngasih, ya ngasih aja ngga usah dipamerin kayak gitu percuma tidak ada pahalanya karena sudah riya'," ujar ismail***

"Gak tahu kenapa senang aja lihat orang Madura kalau buat hajat pasti meriah. Salam dari orang Aceh," kata teuku***

"Kalau saya mah transfer aja, biar gak ribet, halo ini 2023," komen fafan***

"Tapi gak semua orang Madura adatnya kayak gitu," kata yeni***

"Gak ada lawan kalau Madura yang sawer," ujar bangli***

Kontributor : Fisca Tanjung

News

Terkini

Isu penculikan anak dalam beberapa hari terakhir meneror para orangtua di sejumlah daerah di Jawa Timur ( Jatim ). Informasi beredar melalui grup-grup WhatsApp dan media sosia

News | 09:45 WIB

Beredar video yang memperlihatkan seorang pemuda mengendarai motor dengan gaya tak biasa. Pemuda itu mengendarai motor sambil tiduran di jok.

News | 09:11 WIB

Sejak usia 4 bulan, balita bernama Assyifa Aulia Susanti berjuang tanpa anus. Orang tua balita 3 tahun itu pun tak bisa berbuat apa-apa karena ekonomi terbilang lemah.

News | 09:06 WIB

Polisi mengamankan 107 orang usai kericuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh pendukung Arema FC

News | 07:28 WIB

Kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa Aremania di depan Kantor Arema FC menjadi perhatian publik. Aksi tersebut ternyata mengakibatkan korban luka-luka.

News | 17:30 WIB

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berpesan kepada Bonek, suporter Bajul Ijo agar bisa menjaga ketertiban tanpa kerusuhan saat tim kesayangannya dijamu Madura United

News | 15:37 WIB

TPPO masih banyak terjadi, modusnya menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Sementara di negara tujuan, korbannya dijanjikan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART)

News | 22:36 WIB

Apa yang dilakukan Sulaiman ini bisa dibilang nekat betul. Pria 31 tahun asal Kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan Kabupaten Bangkalan, itu menguras barang-barang kantor BMT

News | 09:53 WIB

Nama Samanhudi Anwar keluar belakangan. Mantan Wali Kota Blitar 2 periode ini disangkutpautkan dalam kasus perampokan tersebut setelah sekian lama tenggelam.

News | 08:33 WIB

Seorang pengamen di Kediri, Jawa Timur kedapatan mengendarai motor saat mengamen di sebuah toko pakaian. Hal ini sontak membuat heran warganet.

News | 08:07 WIB

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga ikut membantu merancang aksi pencurian dengan kekerasan atau perampokan Rumah Dinas Wali Kota Santoso pada 12 Desember 2023 lalu

News | 08:00 WIB

Setelah hampir dua bulan kasus perampokan disertai penyekapan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso akhirnya terungkap. Salah satu tersangka ternyata eks Wali Kota Balitar.

News | 21:04 WIB

Para Nahdliyin, sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU), saat ini merayakan usia seabad organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Acara puncaknya bakal digelar di Sidoarjo.

News | 12:31 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi santai kode-kode dorongan dirinya maju sebagai calon gubernur Jawa Timur ( Jatim ) yang ramai sejak kemarin.

News | 11:31 WIB

Seorang bocah laki-laki berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah minimarket di Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi percobaan pencurian itu terekam CCTV.

News | 10:34 WIB
Tampilkan lebih banyak