Selama Musim Mudik Lebaran 2019, 130 Posko Kesehatan Disebar di Jatim

Chandra Iswinarno
Selama Musim Mudik Lebaran 2019, 130 Posko Kesehatan Disebar di Jatim
Menteri Kesehatan Nila Moeloek bersama Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris bersiap menyampaikan keterangan pers di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (7/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Menkes siapkan ambulance mobile roda dua (motor) dan roda empat yang berfungsi sebagai regu cepat dalam pemberian pertolongan pertama di jalan raya.

Suara.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membuat 130 posko kesehatan yang akan disebar di area jalur mudik di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek mengatakan posko kesehatan memiliki fungsi medical check up bagi pemudik

"Posko-posko ini berfungsi untuk melakukan medical chek up bagi para pengemudi sebelum keberangkatan. Sehingga, saat berkendara dapat dipastikan bahwa pengemudi dalam kondisi yang fit," ujarnya usai rapat koordinasi jelang mudik lebaran 2019, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/5/2019).

Selain menjelaskan soal posko kesehatan untuk pemudik, Nila menjelaskan pihaknya telah menyiapkan ambulance mobile roda dua (motor) dan roda empat yang berfungsi sebagai regu cepat dalam pemberian pertolongan pertama di jalan raya.

"Untuk yang roda dua, gunanya agar cepat melakukan evakuasi dan pertolongan pertama, dan dilanjut ambulance roda empat," pungkasnya.

Tak hanya itu, Nila juga menghimbau kepada pengemudi agar tidak mengonsumsi minuman berakohol atau meminum obat yang menyebabkan kantuk.

"Pengemudi sebelumnya harus sehat dulu. Mengemudi tidak minum alkohol, atau juga tidak minum obat-obat yang membuat mengantuk karena kita harus prima, karena kita harus bertanggung jawab membawa penumpang dalam hal ini," imbuhnya.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS