Istana Negara Pindah ke Gresik, Ini Fasilitasnya

Chandra Iswinarno
Istana Negara Pindah ke Gresik, Ini Fasilitasnya
Pos Polisi di Gresik, Jawa Timur dibentuk selayaknya istana negara. [Suara.com/Tofan Kumara]

Pada bagian dalamnya ada beberapa fasilitas bagi pemudik yang ingin melepas lelah.

Suara.com - Terlihat Mega berwarna putih dengan pilar-pilar yang tinggi serta jendela panjang khas arsitektur bangunan Eropa menjadi pemandangan yang tak biasa bagi pengendara maupun warga Gresik, Jawa Timur umumnya yang melintas.

Bangunan yang terlihat mencolok selayaknya miniatur istana negara tersebut merupakan Pos Pengamanan Lebaran 2019 Randu Agung di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Gresik.

Pada bagian dalamnya ada beberapa fasilitas bagi pemudik yang ingin melepas lelah atau mencari informasi mulai mushola, tempat informasi, ruang medis hingga monitoring center lalu lintas.

Replika istana negara itu dibangun selama empat hari dengan menghabiskan puluhan kayu dan triplek, puluhan kaleng cat serta puluhan gabus.

Ide mengubah pos polisi menjadi miniatur istana negara diciptakan Kasatlantas polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto untuk lebih mengenalkan dan mendidik anak-anak muda agar tahu bangunan bersejarah milik bangsa.

"Kita sengaja mendesain pos polisi ini semenarik mungkin agar anak-anak muda dan masyarakat lebih tertarik, mengenalkan bangunan bersejarah istana negara," kata Wikha.

Sementara itu, salah satu petugas piket pos pengamanan lebaran 2019 Ipda Much Suparlan menjelaskan ada beberapa fasilitas di pos tersebut, seperti ruang informasi, musala, ruang medis untuk pertolongan pertama laka dan pusat monitor untuk memantau arus lalu lintas saat operasi ketupat Semeru 2019 di beberapa titik selama operasi ini.

Ia melanjutkan, setiap hari petugas yang piket dibagi menjadi tiga regu, setiap regu ada 16 petugas gabungan dari TNI, Satpol PP dan tim medis yang berjaga selama 8 jam secara bergantian.

"Di pos ini dilengkapi fasilitas mushola, ruang medis untuk pertolongan pertama laka lantas, ruang monitoring center pantau lalu lintas di beberapa titik. Ada 16 petugas bagungan yang berjaga secara bergantian setiap hari selama operasi ini," kata Suparlan, Kamis (30/5/2019).

Untuk diketahui, pada tahun lalu, pos pengamanan (pos pam) Satlantas Polres Gresik pada lebaran 1439 H berkonsep film fiksi Avengers dengan replika berbagai tokohnya.

Kontributor : Tofan Kumara

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS