Cerita Porter Stasiun Surabaya Gubeng Menanti Rezeki di Musim Mudik

Chandra Iswinarno
Cerita Porter Stasiun Surabaya Gubeng Menanti Rezeki di Musim Mudik
Porter di Stasiun Surabaya Gubeng menanti pengguna jasa angkut barang. [Suara.com/Dimas Angga P]

Jasa porter kalah bersaing dengan jasa ojek dan taksi online yang pengendaranya mau untuk membantu mengangkat barang penumpang.

Suara.com - Meski terjadi kepadatan penumpang di Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur namun tak berbanding lurus dengan pendapatan porter atau jasa pengangkat barang di stasiun tersebut. Bahkan, porter di Stasiun Gubeng Surabaya mengaku pendapatannya tidak sebanding dengan Lebaran tahun lalu.

Salah satu porter di area Stasiun Surabaya Gubeng, Samarwan (51) mengaku perolehan jasa mengangkat barang penumpang tak sebanyak Lebaran tahun lalu.

"Pendapatan kerja seperti ini (porter) enggak tentu. Untuk Lebaran tahun ini masih sepi. Jauh dibandingkan tahun kemarin," ujar Marwan pada Suara.com, Minggu (2/6/2019).

Menurut Marwan, jasa porter kalah bersaing dengan jasa ojek dan taksi online yang pengendaranya mau untuk membantu mengangkat barang penumpang.

"Iya, penumpang lebih memilih jasa ojek dan taksi online. Kan pengendaranya mau ngangkatin barangnya," jelasnya.

Diakuinya, pendapatannya pada masa mudik Lebaran tahun lalu bisa mencapai Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per hari. Sementara untuk saat ini, jarang mencapai Rp 100 ribu Rupiah.

"Lebaran tahun ini jarang bisa dapat Rp 100 ribu. Kalau pun bisa, susah sampai segitu," ungkapnya.

Senada dengan Marwan, M Rifai mengeluhkan hal yang serupa. Pendapatannya untuk musim mudik Lebaran tahun ini jauh berbeda, dibanding tahun lalu.

"Paling sampai sore ini, saya baru dapat tiga penumpang yang pakai jasa porter saya," keluhnya.

Rifai menambahkan keramaian penumpang yang menggunakan jasa porter, mayoritas berangkat melalui Stasiun Surabaya Gubeng.

"Kebanyakan yang mau berangkat pakai jasa porter, bukan penumpang yang turun di sini," ucapnya.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS