Tiga Titik Penyebab Kebakaran Gunung Panderman Teridentifikasi

Bangun Santoso
Tiga Titik Penyebab Kebakaran Gunung Panderman Teridentifikasi
Titik api kebakaran di Gunung Panderman, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. (Suara.com/Aziz Ramadani)

BPBD menyatakan penyebab kebakaran Gunung Panderman murni karena faktor alam

Suara.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Malang, Jawa Timur mengidentifikasi ada tiga titik awal penyebab kebakaran di Gunung Panderman.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, tiga titik awal api berasal di lereng sisi timur, lereng sisi utara dan puncak Gunung Panderman. Untuk di Puncak Panderman, pada Senin (22/7/2019) berhasil dipadamkan oleh tim gabungan.

"Ada dua titik yang belum bisa kami kendalikan, sebab lokasinya berada pada lereng gunung. Kebakaran yang di puncak sudah bisa kita kendalikan," ujar Rochim seperti dilansir Beritajatim.com, Selasa (23/7/2019).

Rochim menyebut kendala utama pemadaman pada sisi lereng utara dan sisi lereng timur karena berada pada jurang dengan kemiringan 60 derajat. Selain susah dijangkau, medan lereng juga membahayakan nyawa petugas.

“Analisa dari teman-teman di lapangan penyebab kebakaran karena faktor alam karena musim kemarau," ucap Rochim.

Rochim mengungkapkan, penyebab kebakaran di Gunung Panderman murni faktor alam. Sebab, titik awal terbakar diperkirakan di lereng tempat yang sulit diakses oleh warga maupun pendaki.

“Jadi peluangnya kecil ada aktifitas orang kemudian kebakaran ini ada tiga titik dan munculnya bersama-sama. Kalau karena faktor manusia mestinya hanya satu titik buka tiga titik terpisah,” tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS