Gunung Arjuna Terbakar, Puluhan Pendaki Dikabarkan Terjebak

Chandra Iswinarno
Gunung Arjuna Terbakar, Puluhan Pendaki Dikabarkan Terjebak
Kebakaran melanda Gunung Arjuna sejak Minggu (28/7/2019) pagi. [Berita Jatim]

Kebakaran Gunung Arjuna masih belum padam hingga Senin (29/7/2019) siang.

Suara.com - Kebakaran dilaporkan melanda Gunung Arjuna pada Minggu (28/7/2019) pagi sekiar Pukul 09.30 WIB. Saat terjadinya peristiwa kebakaran tersebut dikabarkan ada 90 pendaki yang sedang berada di gunung tersebut.

Namun, kebakaran Gunung Arjuna masih belum padam hingga Senin (29/7/2019) siang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengungkapkan hingga Senin siang seluruh pendaki telah berhasil dievakuasi. Total 90 pendaki itu dievakuasi secara bergelombang.

"Dari Total 90 Orang Pendaki, 47 orang yang terdata berhasil dievakuasi turun dini hari tadi dan 6 orang lain turun lewat Jalur Purwosari. Kelompok pendaki lain sejumlah 25 orang sudah turun namun tidak terdata karena sudah turun pada hari Minggu pagi," kata Rochim seperti dilansir Beritajatim.com - jaringan Suara.com pada Senin (29/7/2019).

Menurut Rochim, api terlihat berada di sekitar puncak Gunung Arjuna. Untuk melakukan evakuasi terhadap pendaki yang masih berada di sekitar Gunung Arjuna, pihaknya menurunkan dua tim yang diberangkatkan pada Senin pagi. Untuk tim pertama berjumlah sembilan orang dari warga dan juga porter dengan melalui jalur Pura Giri Arjuno.

"Tim kedua berjumlah 15 orang petugas Tahura (Taman Hutan Raya) R Soeryo berangkat sekitar pada hari Minggu jam 12.30 WIB melalui Jalur Brak Seng. Informasi terakhir dari tim Jaguar FPRB Sumbergondo, titik api berada di blok kebut. Titik api menjalar ke arah barat, sebagian titik api sudah bisa dikondisikan. Sebagian lagi terkendala medan yang sulit karena titik api berada di tebing dengan jurang yang dalam. Kondisi angin bertiup cukup kencang," jelasnya.

Rochim memastikan untuk logistik tim Penanganan Darurat Kebakaran Hutan Gunung Arjuno diperkirakan masih cukup. Selain itu, jika ada kekurangan logistik tim yang stabdby akan diberangkatkan untuk membawa dukungan logistik dari Resort Pujon.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS