Tiga Gunung di Kabupaten Banyuwangi Terbakar, 500 Hektare Lahan Hangus

Chandra Iswinarno
Tiga Gunung di Kabupaten Banyuwangi Terbakar, 500 Hektare Lahan Hangus
Foto kebakaran Gunung Merapi Ungup-ungup saat malam hari. [Beritajatim.com]

Terbakarnya tiga kawasan gunung tersebut terjadi karena lokasinya yang berdekatan.

Suara.com - Kebakaran hutan yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kekinian sudah merambah tiga gunung yang ada di wilayah tersebut. Sebelumnya, kebakaran terjadi di Gunung Ranti dan Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan saat ini sudah menjalar ke Gunung Merapi Ungup-ungup.

Terbakarnya tiga kawasan gunung tersebut terjadi karena lokasinya yang berdekatan.

“Ada dua titik bersamaan di Gunung Ranti dan TWA Kawah Ijen. Kini menyebar ke hutan konservasi Merapi Ungup-ungup, menyebar ke dalam hutan dan berbahaya,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram seperti dilansir Beritajatim.com-jaringan Suara.com pada Senin (21/10/2019).

Eka memperkirakan, luasan kebakaran saat ini mencapai sekitar 500 hektare lebih. Pun jumlah luasan lahan yang terbakar tersebut kemungkinan akan bertambah lantaran kebakaran tersebut belum bisa dipadamkan.

“Jika angin semakin besar api akan merambat dari atas ke bawah lereng. Dan akan sulit dipadamkan,” jelasnya.

Perkiraan tersebut disampaikan Eka, lantaran tiga gunung itu memiliki hutan kering sehingga sangat mudah terbakar. Hutan tersebut bahkan didominasi ilalang dan pohon-pohon kayu kering yang mudah terbakar.

“Kita mulai kemarin sudah melakukan pemadaman tapi ini sifatnya hanya untuk mengisolir kobaran api agar tidak merambat. Kita juga kordinasi dengan Forpimda, TNI, Polri maupun relawan,” katanya.

Saat ini, kepulan asap putih dampak kebakaran masih terlihat dari Kota Banyuwangi maupun daerah terdekat. Pun saat malam, bara api semakin terlihat jelas menyala tanda kebakaran masih terus terjadi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS