Jamin Stok Aman Jelang Nataru, Khofifah Lepas Pengiriman Beras 4.000 Ton

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Jamin Stok Aman Jelang Nataru, Khofifah Lepas Pengiriman Beras 4.000 Ton
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Perwakilan BI Jatim melepas kontainer pengiriman beras sebanyak 4.000 ton di Kantor Perwakilan BI Jawa Timur, Kamis (12/12/2019). - (dok Humas)

Karena stok bahan pokok aman, gubernur perempuan pertama di Jatim itu pun meminta agar tidak ada yang menimbun bahan pokok.

SuaraJatim.id - Menjelang perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), berbagai kesiapan dilakukan untuk menjaga stok bahan pokok kebutuhan masyarakat. Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menjamin stok bahan pokok kebutuhan masyarakat Jatim aman.

“Kepada semua masyarakat Jawa Timur, kita jamin menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), stok beras kita aman, stok daging kita sangat aman, termasuk di dalamnya daging ayam dan telur sangat aman. Stok gula pun sangat aman,” ujar Khofifah saat membuka High Level Meeting (HLM) dan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jatim di Kantor Perwakilan BI Jawa Timur, Kamis (12/12/2019).

Ia mencontohkan, Jatim surplus 2,7 juta ton untuk komoditas beras, surplus 5,3 juta ton untuk komoditas jagung. Begitu juga stok daging, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Jatim.

Karena stok bahan pokok aman, gubernur perempuan pertama di Jatim itu pun meminta agar tidak ada yang menimbun bahan pokok. Tak hanya itu, stok daya listrik dan BBM juga aman di Jatim.

Ia menjelaskan, untuk menjaga stok daya listrik, terdapat sebanyak 157 tujuan mobil PLN yang akan mobile memberikan layanan kelistirikan seperti permasalahan gardu listrik akibat angin puting beliung dan sebagainya

“Jika misalnya kita tidak berharap ada gardu yang bermasalah karena hujan atau kena angin, maka ada mobil yang siap mobile,” jelasnya.

Terkait stok BBM, jelasnya, dari pihak Pertamina memastikan bahwa stoknya cukup dan aman. Bahkan kemungkinan ada peningkatan sebesar tujuh persen.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas pengiriman beras sebanyak 4.000 ton di Kantor Perwakilan BI Jawa Timur, Kamis (12/12/2019). - (dok Humas)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas pengiriman beras sebanyak 4.000 ton di Kantor Perwakilan BI Jawa Timur, Kamis (12/12/2019). - (dok Humas)

“Karena sangat mungkin wilayah barat menyeberang ke Bali tentu melewati Jatim. Oleh karena itu stok BBM harus dipastikan aman. Truk yang mengangkut beras, ternak diperkenankan masuk ke jalan nasional,” tuturnya.

Usai acara HLM-Rakorwil TPID Jatim, Khofifah bersama Kepala Perwakilan BI Jatim melepas kontainer pengiriman beras dari Jatim ke Nabire sebanyak 1.500 ton, Sorong 1.000 ton, Jayapura 1.000 ton, dan Ambon 500 ton.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS