Di Jatim Banyak Pasien Berstatus PDP yang Meninggal, Total 61 Orang

Chandra Iswinarno
Di Jatim Banyak Pasien Berstatus PDP yang Meninggal, Total 61 Orang
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Suara.com/Arry)

Protokol pemakaman pasien Covid-19 ini sangat penting dilakukan terhadap pasien yang statusnya PDP karena banyak dari yang meninggal hasil swab-nya ternyata positif.

SuaraJatim.id - Data pasien dalam pengawasan (PDP) di Jawa Timur ada sebanyak 1.184 orang. Dari jumlah tersebut ternyata ada 61 pasien yang meninggal ketika masih berstatus PDP. Sementara 804 pasien masih dilakukan pengawasan.

Data PDP yang meninggal tersebut didapat dari data milik Pemprov Jawa Timur. Pasien-pasien yang meninggal dengan status PDP ini telah dimakamkan dengan protap yang sama seperti pasien positif Covid-19 yang meninggal.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mencontohkan seperti kasus baru meninggal di Tuban. Pasien yang meninggal dengan status PDP tersebut telah dimakamkan sesuai protap pemakaman pasien positif.

"Tuban misalnya, pada saat meninggal posisinya PDP kemudian terkonfirmasi hasil swabnya ternyata positif. Jadi pada saat meninggal posisinya adalah PDP," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (8/4/2020).

Menurut Khofifah, protokol pemakaman pasien Covid-19 ini sangat penting dilakukan terhadap pasien yang statusnya PDP karena banyak dari yang meninggal hasil swab-nya ternyata positif. Sehingga pasien yang di Tuban dimakamkan sudah sesuai aturan.

"Kemudian Pak Sekda mengkoordinasikan dengan Pak Sekda Tuban dengan Sekda Provinsi dan kalaksa BPBD, yang memakamkan dari BPBD Tuban. Itu meninggal waktu PDP, kemudian terkonfirmasi positif. Protokol pemulasaraan jenazah seperti halnya pasien positif," jelasnya.

"Sudah dilakukan langkah proteksi seperti itu karena sebelumnya terkonfirmasi PDP, hari ini konfirmasinya positif. Kira kira begitu," tambahnya.

Sementara itu rincian dari data yang dihimpun, untuk jumlah pasien positif sebanyak 196 orang dengan rincian 46 pasien sembuh, 133 pasien di rawat dan 17 meninggal.

Untuk ODP sebanyak 12.314 orang dengan rincian yang masih dipantau 8.250 orang, 4051 selesai dipantau dan 13 meninggal. Sedangkan untuk PDP sebanyak 1.185 pasien dengan rincian masih dalam pengawasan 805 pasien, selesai diawasi 319 pasien dan 61 pasien meninggal.

Berikut Data Sebaran Pasien Covid-19 di Jatim:

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS