facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lagi, Warga Temukan Struktur yang Diduga Peninggalan Era Sebelum Majapahit

Chandra Iswinarno Selasa, 07 Juli 2020 | 21:49 WIB

Lagi, Warga Temukan Struktur yang Diduga Peninggalan Era Sebelum Majapahit
Petugas mendata struktur diduga gapura yang ditemukan di jalur lahar Gunung Kelud, di Dusun Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. [Dok. Disparbud Kabupaten Kediri]

Temuan struktur ini makin menambah daftar temuan cagar budaya yang diduga peninggalan era Kerajaan Kadiri.

SuaraJatim.id - Warga Dusun Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, menemuan struktur cagar budaya di wilayah setempat. Struktur berupa gapura kuno tersebut diduga merupakan peninggalan era Kerajaan Kadiri atau sebelum Kerajaan Majapahit muncul.

Temuan struktur ini makin menambah daftar temuan cagar budaya yang diduga peninggalan era Kerajaan Kadiri. Karena sebelumnya di  lokasi berbeda, tepatnya di Dusun Kebonagung, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, juga ditemukan struktur diduga kaki candi.

Kepala Seksi Museum dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri Eko Priatno menjelaskan, struktur yang diduga berupa gapura di Dusun Lestari kali pertama ditemukan seorang penambang pasir ilegal sekitar 20 Juni 2020 lalu.

"Jadi penemuan itu lama nggak terekspos karena penambangan pasir liar dan mereka bungkam ketika lihat (struktur) itu," jelas Eko kepada SuaraJatim.id, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: Kepala Kala yang Ditemukan di Tulungagung,Diperkirakan Bagian Dari Candi

Struktur diduga gapura ditemukan di tebing kali setinggi delapan meter, tepatnya di jalur lahar Gunung Kelud. Adapun struktur cagar budaya tersebut berada di ketinggian sekitar enam meter atau hanya berjarak dua meter dari permukaan tanah.

Ada dua struktur diduga gapura yang ditemukan, masing-masing berdimensi sekitar 150 centimeter persegi dengan tinggi sekitar 146 centimeter. Kini sebuah struktur masih utuh, sementara struktur lainnya telah hancur karena ulah penambang pasir.

"Jaraknya antara dua struktur (diduga gapura) itu sekitar 3,5 meter," papar Eko.

Disparbud Kabupaten Kediri, kata Eko, bersama perangkat kecamatan dan desa telah meninjau lokasi pada Jumat (3/7/2020). Sehari setelahnya, atau pada Sabtu (4/7/2020) tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur terjun ke lokasi.

Tim yang dipimpin Pokja BPCB Jawa Timur Nugroho Harjo Lukito kemudian mengobservasi struktur itu. Berdasarkan analisa tim BPCB, disimpulkan bahwa struktur tersebut memang benar cagar budaya yang diduga berbentuk gapura.

Baca Juga: Lebih Tua Dari Majapahit, Jobong Sumur Ini Diduga dari Era Kerajaan Kadiri

"Dari struktur yang di (Dusun) Lestari itu, (rekomendasi BPCB Jawa Timur) pertama memang benar kalau itu adalah cagar budaya, objek diduga cagar budaya," ujar Eko.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait