Indeks Terpopuler News Lifestyle

Penerbangan Lion Air dan Citilink Rute Surabaya-Pontianak Setop Sementara

Chandra Iswinarno Selasa, 04 Agustus 2020 | 16:21 WIB

Penerbangan Lion Air dan Citilink Rute Surabaya-Pontianak Setop Sementara
Suasana ruang tunggu Bandara Internasional Juanda, Surabaya. [Suara.com/Dimas Angga P]

Pemberlakuan penerbangan transit untuk rute Surabaya-Pontianak tersebut, menurut Yuristo terkait adanya surat larangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat.

SuaraJatim.id - Rute penerbangan langsung dari Bandara Internasional Juanda Kota Surabaya menuju Bandara Internasional Supadio Pontianak untuk sementara ditiadakan.

Humas Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Yuristo Ardi membenarkan, jika jadwal penerbangan di rute tersebut mulau 4 Agustus hingga 10 Agustus 2020 mendatang bakal menggunakan sistem transit.

"Untuk (penerbangan) Lion (Air) tujuan Pontianak di tanggal 3 Agustus kemarin masih melakukan penerbangan langsung. Rencananya, sejak tanggal 4-10 Agustus, penerbangannya transit di Cengkareng. Jadi Surabaya-Cengkareng-Pontianak," ujarnya pada Selasa (4/8/2020).

Pemberlakuan penerbangan transit untuk rute Surabaya-Pontianak tersebut, menurut Yuristo terkait adanya surat larangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat untuk dua maskapai, Citilink dan Lion Air yang memiliki jalur penerbangan rute tersebut.

"Kami menerima surat via pesan aplikasi dari Dishub Kalimantan Barat perihal pesawat. Kami belum bisa memastikan, memang bukan kewenangan bandara, jadi kami masih menunggu arahan atau instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang menghentikan penerbangan," imbuhnya.

Meski begitu, Yuristo menegaskan, permintaan yang disampaikan pemprov tersebut ditujukan langsung kepada pihak maskapai, bukan otoritas penerbangan.

"Surat ini ditujukan ke direksi Lion, sebenarnya surat ini bukan ke saya. Surat dari Dishub Kalbar, ditujukannya pada direksi Lion Air dan pimpinan Lion Air di Pontianak," pungkasnya.

Selain itu, dari informasi yang dihimpun SuaraJatim.id melalui staf Angkasa Pura 1 kondisi serupa juga terjadi untuk  maskapai Citilink yang jadwal penerbangannya diubah dari sebelumnya Surabaya-Pontianak, kini juga menjadi Surabaya - Cengkareng - Pontianak.

Sebelumnya diberitakan, Pihak Lion Air menyatakan pengoperasian penerbangan rute Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) ke Pontianak melalui Bandar Udara Internasional Supadio di Kubu Raya (PNK) untuk sementara waktu.

Tidak beroperasinya Lion Air di rute tersebut akibat kasus baru wabah COVID -19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait