Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Curiosity Mulai Bereksperimen di Planet Mars Cari Jejak Kehidupan Alien

Muhammad Taufiq Jum'at, 18 September 2020 | 09:53 WIB

Curiosity Mulai Bereksperimen di Planet Mars Cari Jejak Kehidupan Alien
Debu setan Planet Mard diabadikan penjelajah Curiosity NASA dalam benuk GIF dan tampak nyata pergerakannya [NASA/JPL-Caltech].

Curiosity mencari tanda-tanda bahwa Mars mungkin pernah dihuni oleh kehidupan mikroba di masa lampau.

SuaraJatim.id - Penjelajah Curiosity di Mars milik NASA, akhirnya mendapatkan kesempatan melakukan eksperimen pertama yang dirancang untuk mencari molekul organik.

Curiosity mencari tanda-tanda bahwa Mars mungkin pernah dihuni oleh kehidupan mikroba di masa lampau. Eksperimen yang disebut SAM TMAH, baru-baru ini menandai tonggak sejarah dalam penyelidikan itu.

Subjek pengujiannya adalah sedikit bubuk batu yang dibor dari sebuah situs di Mars bernama Mary Anning, diambil dari nama ahli paleontologi Inggris dari tahun 1800-an.

Penjelajah menggunakan instrumen Sample Analysis at Mars (SAM) untuk mendeteksi elemen yang diperlukan untuk kehidupan, seperti nitrogen, oksigen, dan karbon, dalam sampel batuan Mars.

Penjelajah Curiosity di Mars milik NASA, akhirnya mendapatkan kesempatan melakukan eksperimen pertama yang dirancang untuk mencari molekul organik. Caranya menggunakan kumpulan cangkir kecil untuk menganalisis sampel bubuk.

Berikutnya, beberapa cangkir digunakan buat memanaskan batu untuk melihat kandungan gas dan kandungan kimia. Bagian TMAH dari eksperimen mengacu pada bahan kimia tetramethylammonium hydroxide. Curiosity hanya memiliki dua cangkir TMAH, menjadikannya komoditas yang berharga di Planet Merah.

"TMAH akan membantu tim ilmuwan kami mengidentifikasi fragmen bahan organik apa yang ada di batuan kaya tanah liat Mary Anning," tulis Scott Guzewich, ilmuwan atmosfer NASA dalam blog Curiosity pekan lalu, seperti dikutip CNET, Jumat (18/9/2020).

Tim penjelajah ini bisa mempelajari lebih lanjut tentang kimia Mars kuno, terutama saat Curiosity menjelajahi daerah yang kaya tanah liat, sehingga kemungkinan adanya sejarah air di sana. Guzewich mengatakan, eksperimen SAM TMAH dapat membantu para ahli memahami apakah bahan yang diperlukan untuk kehidupan ada di Kawah Gale.

NASA telah mengirim serangkaian penjelajah yang semakin canggih ke Mars. Curiosity, yang mendarat di Mars pada 2012, akan bergabung dengan penjelajah Perseverance baru pada awal 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait