Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kebangetan! Pemuda Asal Malang Curi Kotak Amal Musala di Nganjuk

Muhammad Taufiq Senin, 12 Oktober 2020 | 15:50 WIB

Kebangetan! Pemuda Asal Malang Curi Kotak Amal Musala di Nganjuk
Andi Yuda (38), pemuda asal Malang, Jawa Timur, pelaku pencurian kotak amal di Nganjuk (Foto: Usman Hadi)

Andi tepergok warga sekitar musala hendak kabur membawa uang hasil curiannya

SuaraJatim.id - Andi Yuda (38), pemuda asal Malang, Jawa Timur, harus berurusan dengan polisi Nganjuk. Ia diamankan petugas Polsek Gondang, Kabupaten Nganjuk, karena kedapatan mencuri kotak amal musala.

Peristiwa ini terjadi Sabtu (10/10/2020) sekitar pukul 13.00 WIB. Aksi pencurian kotak amal di siang bolong ini dipergoki warga sekitar.

Palaku hampir dihajar massa. Beruntung ada perangkat desa setempat yang berhasil mengendalikan situasi, lalu membawa pelaku ke kantor polisi.

"Pelaku diamankan oleh perangkat desa," kata Kapolsek Gondang, AKP Alex Candra, saat dikonfirmasi SuaraJatim.id, Senin (12/10/2020).

Menurut Alex, pelaku beraksi seorang diri. Ia datang ke musala al-Ikhlas di Dusun Ngemplak, Desa Gondangkulon, Kecamatan Gondang. mengendarai sepeda motor merek Honda Vario dengan nomor polisi AG 4204 VAK.

Sesampainya di lokasi dan setelah melihat kondisi sepi, pelaku langsung menggasak kotak amal di musala tersebut.

"Pelaku masuk ke dalam musala, kemudian pelaku membuka paksa kotak amal yang terbuat dari kayu dengan mengunakan obeng. Kemudian pelaku mengambil uang di dalam kotak amal tersebut sebesar Rp 147 ribu," papar Alex.

Tak puas dengan hasil jarahan yang didapat, pelaku lantas mencoba membuka kotak amal lainnya. Kotak amal yang kedua ini terbuat dari besi. Oleh pelaku kotak amal tersebut dibuka menggunakan kunci palsu yang sudah disiapakan sejak dari rumah pelaku.

"Kemudian pelaku berhasil membuka kotak amal yang terbuat dari besi. Lalu pelaku mengambil uang (sebesar Rp 2,9 juta) yang ada di dalam kotak amal tersebut, (uangnya) dan dimasukan ke dalam plastik warna hitam," ungkap Alex.

Nah, sebelum sempat membawa lari uang kotak amal, aksi pelaku dipergoki warga sekitar. Warga pun lantas meneriaki ‘maling’ ke arah pelaku. Dalam waktu singkat warga sekitar pun berdatangan ke lokasi, mereka lantas bersama-sama mengamankan pelaku.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait